Berhasil Bina KKSB di Papua Kembali ke NKRI, 10 Prajurit TNI AD Naik Pangkat

Antara ยท Senin, 20 Mei 2019 - 18:08 WIB
Berhasil Bina KKSB di Papua Kembali ke NKRI, 10 Prajurit TNI AD Naik Pangkat

Prajurit TNI berbaur bersama warga di Tanah Papua. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id – Sebanyak 10 prajurit TNI Angkatan Darat (AD) menerima kenaikan pangkat luar biasa (KPLB). Penghargaan ini disematkan kepara anggota atas keberhasilan mereka membina anggota kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Di mana melalui pembinaan teritorial, pada 25 Januari 2019, dua anggota KKSB bersama keluarganya turun gunung dan menyatakan kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi. Mereka juga membawa satu pucuk senjata api jenis M16 yang sebelumnya dirampas dari anggota TNI dan mengembalikannya.

Penyematan pangkat satu tingkat lebih tinggi ini dipimpin langsung Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Yoshua Pandit Sembiring di aula Makodam Cenderawasih di Jayapura, Senin (20/5/2019). Di mana dari 10 anggota yang mendapat KPLB, delapan di antaranya berasal dari Yonif 328 DGH, yang tergabung dalam satgas pengamanan perbatasan.

BACA JUGA: Simpati pada Kepedulian Satgas Yonif PR 328, Warga Serahkan Senjata

“Kenaikan pangkat luar biasa dalam organisasi militer merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan negara atas prestasi, dedikasi dan loyalitas luar biasa yang dilakukan prajurit,” ujar Pangdam XVII Cenderawasih dalam sambutannya.

Pemberian KPLB ini kata dia, sudah melalui penilaian objektif terhadap kinerja yang sudah dilaksanakan prajurit. Mereka diharapkan terus mempersembahkan karya terbaik bagi kemajuan TNI AD, bangsa dan negara.

Ke-10 prajurit yang menerima KPLB yakni, anggota Yonif 328/DGH masing masing Sertu Muhammad Bakti, Kopda Syafri Hadi, Kopda Budi Irama Putra, Kopda Iman Saputra, Kopda Hendri Yanto, Kopda Sigit Ariyanto, Kopda Aksan dan Praka Nugroho Cahyo Purnomo. Sementara dua lainnya anggota Kodam XVII Cenderawasih, yakni Serma Mustari dan Serka Richard Baransano.


Editor : Donald Karouw