Bupati Mimika Minta Kelompok Separatis di Papua Tak Ganggu Suasana Damai Bulan Desember

Antara ยท Sabtu, 30 November 2019 - 13:45 WIB
Bupati Mimika Minta Kelompok Separatis di Papua Tak Ganggu Suasana Damai Bulan Desember

Kegiatan Minggu Palma di Timika. (Foto: Dok iNews).

TIMIKA, iNews.id - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, mengingatkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) untuk tidak menganggu keamanan warga setempat. Momentum bulan Desember ini harus dimanfaatkan untuk menciptakan suasana damai.

"Supaya warga bisa merayakan Natal hingga Tahun Baru dalam suasana yang juga damai," kata Eltinus di kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (30/11/2019).

Bupati Mimika bersama Bupati Puncak Willem Wandik sebelumnya ikut mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyaksikan secara langsung atraksi penerjunan payung 156 prajurit TNI di Bandara Mozes Kilangin Timika.

BACA JUGA: Menko Polhukam Mahfud MD Bertemu Tokoh Masyarakat Papua, Ini yang Dibicarakan

Selain itu juga hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Eltinus menyambut positif kegiatan yang digelar Divisi I Kostrad TNI dalam rangka memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat Papua. Terutama jelang momen 1 Desember yang diketahui menjadi HUT OPM.

BACA JUGA: Banyak Faksi di Kelompok Separatis Papua, Pemda Diminta Kedepankan Pendekatan Dialogis

"Sangat bagus sekali supaya daerah kami benar-benar aman. Ini juga bagus untuk memberikan efek kepada orang-orang yang mau berniat membuat kejahatan agar dapat mengurungkan niatnya," ujar dia.

Menghadapi ancaman gangguan kamtibmas oleh KKB, personel pengamanan TNI dan Polri dilipatgandakan di wilayah Timika, terutama di Distrik Tembagapura yang merupakan area pertambangan PT Freeport Indonesia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal