Cium Bendera Merah Putih, DPO Anggota KKB Papua Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi

Antara ยท Sabtu, 14 September 2019 - 17:16 WIB
Cium Bendera Merah Putih, DPO Anggota KKB Papua Kembali ke Pangkuan Ibu Pertiwi

Demiron Wenda, anggota KKB yang kembali ke Ibu Pertiwi dan mencium bendera merah putih di Ruang Kerja Kapolres Puncak Jaya, Sabtu (14/9/2019). (ANTARA/Dok Polres Puncak Jaya/am)

JAYAPURA, iNews.id – Demiron Wenda, seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang menjadi anak buah Puron Wenda kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, Sabtu (14/9/2018). Dia menyerahkan diri dan ingin kembali menjadi bagian NKRI.

Penyerahan diri Demiron diterima Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwanto di Mulia. Kembalinya mantan KKB ke pangkuan NKRI ini ditandai dengan yang bersangkutan mencium bendera merah putih di ruang kerja Kapolres Puncak Jaya.

Kapolres mengakui jika ada anak buah KKB Pimpinan Puron Wenda yang wilayah operasinya di Kabupaten Lanny Jaya sudah menyatakan diri kembali ke NKRI. Yang bersangkutan mengaku bergabung dengan kelompok tersebut sejak 2011.

BACA JUGA: Datangi Kodim, 4 Anggota KKB Menyerahkan Diri ke TNI

Dari keterangannya, dia terlibat dalam sejumlah tindak kriminal termasuk penyerangan terhadap anggota Polres Tolikara tahun 2012 sehingga namanya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Memang betul nama yang bersangkutan ada dalam DPO di sejumlah Polres di kawasan Pegunungan Tengah,” kata Ary Purwanto.

Saat ditanyakan soal proses hukum terhadap Demiron Wenda atas semua aksi kriminal yang penah dilakukannya, Kapolres mengaku masih menunggu petunjuk dari Kapolda Papua. Hal ini mengingat yang bersangkutan juga meminta agar namanya dihapus dalam DPO.

“Demiron berjanji akan turut serta membangun daerahnya. Setelah ini, dia akan kembali ke Gurage,” ujar AKBP Ary Purwanto.


Editor : Donald Karouw