Diguncang Gempa 6,1 SR, Warga Pegunungan Bintang Papua Panik

Chanry Andrew Suripatty ยท Minggu, 16 Desember 2018 - 18:48 WIB
Diguncang Gempa 6,1 SR, Warga Pegunungan Bintang Papua Panik

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) yang mengguncang Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (16/12/2018) sore sekitar pukul 16.42 WIB membuat panik warga di wilayah itu.

Mereka berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri saat gempa mengguncang. Belum diketahui adanya laporan korban luka dan jiwa maupun kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, dari laporan BMKG Keerom gempa terasa kuat sekitar 3-4 detik di Kabupaten Keerom. Masyarakat panik dan keluar dari bangunan/rumah. “Gempa juga dirasakan di Kabupaten/Kota Jayapura. Tidak ada laporan terkait korban jiwa dan kerusakan bangunan,” katanya dalam rilis yang diterima iNews.id.

Sutopo mengatakan, Pusdalops BPBD Papua juga sudah melaporkan bahwa keadaan aman dan terkendali. Masyarakat di Kabupaten Keerom, Kabupaten/Kota Jayapura, dan Pegunungan Bintang diimbau agar tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan berita yang tidak benar.

Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Minggu (16/12/2018), sekitar pukul 16.42.37 WIB.

BACA JUGA:

Gempa 6,1 SR Guncang Pegunungan Bintang Papua, Dirasakan 6 Kabupaten 

Gempa Bumi 4,7 SR Guncang Papua, Getaran Terasa di Serui dan Biak

Gempa 5,2 SR Guncang Gorontalo, Getaran Terasa hingga Bolsel Sulut

Gempa tersebut dirasakan warga di enam kabupaten/kota lainnya di Papua yakni, Keerom, Kota Jayapura, Wamena, Timika, Nabire, Merauke, Kabupaten Jayapura.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitude 6,1.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97 LS dan 140,35 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 57 km arah timur laut Kota Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Propinsi Papua pada kedalaman 74 km (update)," kata Rahmat, Minggu (16/12/2018). 

 

 


Editor : Kastolani Marzuki