Dihantam Ombak, Speedboat 7 Peneliti Laut Dalam Terbalik di Raja Ampat

Chanry Andrew Suripatty ยท Rabu, 31 Oktober 2018 - 20:44 WIB
Dihantam Ombak, Speedboat 7 Peneliti Laut Dalam Terbalik di Raja Ampat

Kapal Baruna Jaya VIII yang membawa tujuh peneliti ekspedisi laut dalam merapat di Pelabuhan Sorong, Papua. (Foto: iNews.id/Chanry Andrew Suripatty)

SORONG, iNews.idSpeedboat yang ditumpangi tujuh peneliti mengalami musibah saat melakukan ekspedisi di daerah BUD Waigeo Utara, Perairan Raja Ampat, Papua, Rabu (31/10/2018).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun satu peneliti mengalami luka-luka. Mereka berhasil diselamatkan tim SAR Sorong. Para peneliti itu sebelumnya menumpang Kapal Riset Baruna Jaya VIII. Mereka kemudian menggunakan speed boat untuk melakukan pemetaan laut dalam. Dalam perjalanan, speedboat yang mereka tumpangi terbalik setelah diterjang ombak besar.

Kepala Badan SAR Sorong, Emmy Freezer menjelaskan, informasi adanya musibah tersebut didapatkan Kantor SAR Sorong setelah mendapat laporan dari kru Kapal Riset Baruna Jaya VIII.  Lokasi kejadian, menurut Emmy, di daerah BUD Waigeo Utara di mana para kru tersebut sedang melakukan ekspedisi pemetaan laut dalam di daerah Raja Ampat.

"Info Kapal Riset Baruna Jaya VIII kemarin melaporkan ke Kantor SAR Sorong bahwa kru peneliti mengalami kecelakaan di Perairan BUD Waigeo Utara dalam rangka ekspedisi pemetaan laut dalam. Jarak lebih kurang sekitar 110 NM dari Sorong dengan POB 7 orang," ungkap Emmy, Rabu malam.

BACA JUGA:

Dihantam Ombak, Perahu Karyawan Telkomsel Terbalik di Raja Ampat

Speedboat Terbalik di Merauke, 2 Penumpang Hilang Termasuk Bidan

Emmy menuturkan, kondisi para kru yang berjumlah tujuh orang tersebut dalam kondisi selamat dan berhasil diselamatkan oleh tim SAR.  "Kondisi selamat namun satu orang mengalami patah tulang tungkai bawah dan satu orang mengalami luka di bagian kaki karena benturan dengan karang saat speed boat penelitian terbalik. Seluruh korban sudah diselamatkan," tandas Emmy.

Saat kejadian, Kapal Riset Baruna Jaya VIII berada sekitar 7 NM dari lokasi kejadian, namun tidak dapat merapat karena ombak dan banyaknya reef. "Setelah cuaca cukup tenang, boat penyelamat dapat menjangkau korban yang terdampar di pulau BUD dan memberikan Pertolongan pertama," ujar Emmy.

Saat ini, ketujuh kru sudah berada atas Kapal Riset Baruna Jaya VIII LIPI menuju Pelabuhan Sorong untuk selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit (RS) AL Sorong. "Seluruh kru saat ini sudah on board menuju Sorong ya, jadi korban akan dirujuk ke RS AL Sorong, Estimasi kedatangan sekitar pukul 22.00 WIT. Danlantamal, Ka KKP, GM Pelindo berencana mendampingi Ka Basarnas Sorong di pelabuhan," katanya. 

 


Editor : Kastolani Marzuki