Gempa Bumi 4,4 SR Guncang Kabupaten Sarmi Papua

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 20 Juni 2019 - 13:06 WIB
Gempa Bumi 4,4 SR Guncang Kabupaten Sarmi Papua

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Gempa bumi berkekuatan 4,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, Kamis (20/6/2019), pukul 09.59 WIB. Getaran gempa dirasakan dalam skala intensitas III MMI.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, episentrum gempa bumi berlokasi di titik koordinat 1,78 Lintang Selatan (LS) dan 138,60 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa bumi berada di darat, berjarak 18 kilometer (km) dari arah Barat Laut Kabupaten Sarmi. Sementara kedalaman gempa bumi tersebut mencapai 15 km.


BACA JUGA: Gempa 6,3 SR Guncang Mamberamo Tengah, Tidak Berpotensi Tsunami


Sebelumnya wilayah Provinsi Papua, tepatnya Kabupaten Mamberamo Tengah juga diguncang gempa bumi berkekuatan 6,3 SR pada Kamis dini hari, pukul 00.24 WIB. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Pusat gempa tersebut berada di darat, berjarak 35 km dari arah Timur Laut Mamberamo Tengah. Kedalaman gempa mencapai 10 km. Getaran gempa ini dirasakan di Kabupaten Sarmi dalam skala intensitas III-IV MMI. Selain itu di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, dalam skala II-III MMI dan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dalam skala intensitas I-II MMI.


Editor : Maria Christina