Gempa di Kabupaten Sarmi Papua, Ini Imbauan BMKG

Chanry Andrew Suripatty ยท Rabu, 02 Januari 2019 - 17:30 WIB
Gempa di Kabupaten Sarmi Papua, Ini Imbauan BMKG

Ilustrasi pencatatan gempa. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Gempa bumi berkekuatan 5,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Sarmi Papua, Rabu (2/1/2019) pukul 14.59 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini masuk kategori II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat kepada wartawan di Kabupaten Sarmi, Papua.

BACA JUGA: Gempa 5,3 SR Guncang Kabupaten Sarmi Papua, Tak Berpotensi Tsunami

Hingga pukul 15.30 WIB, Hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dia menambahkan, episenter gempa terletak pada koordinat 1,94 LS dan 139,13 BT. Tepatnya berlokasi di jarak 44 kilometer arah timur di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua pada kedalaman 17 kilometer.

"Gempa berkekuatan 5,2 SR," ujar dia.

BACA JUGA: Gempa 5,7 SR Guncang Kabupaten Sarmi Papua, Tak Berpotensi Tsunami

Jika melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah perairan utara Papua ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar oblique normal (mendatar-turun).


Editor : Andi Mohammad Ikhbal