Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Manokwari Papua Barat

Antara ยท Kamis, 01 Agustus 2019 - 07:35 WIB
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Manokwari Papua Barat

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone).

MANOKWARI, iNews.id - Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Manokwari, Papua Barat pada Kamis, pukul 03.35 WIT. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BMKG Manokwari menjelaskan, gempa bumi tersebut merupakan gempa tektonik. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,73 LS dan 133,24 BT. Gempa berlokasi di darat, jarak 90 kilometer arah barat Kota Manokwari pada kedalaman 52 kilometer.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Manokwari II-III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal