Gempa Maluku Terasa hingga Manokwari, Warga Diimbau Tetap Tenang

Antara ยท Senin, 24 Juni 2019 - 12:46 WIB
Gempa Maluku Terasa hingga Manokwari, Warga Diimbau Tetap Tenang

Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Istimewa)

MANOKWARI, iNews.id - Gempa berkekuatan 7,7 skala ricther (SR) yang mengguncang wilayah perairan Maluku Barat Daya dirasakan masyarakat di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manokwari mengimbau, masyarakat tetap tenang karena gempa yang dirasakan tersebut hanya efeknya saja.

"Kita di Manokwari dan Papua Barat secara umum hanya menerima dampak getaran. Pusat gempa berada di Maluku Barat Daya, bukan di wilayah Papua Barat," kata Kepala BMKG Manokwari, Denny Putiray, Senin (24/6/2019).

BACA JUGA: Gempa Bumi Tektonik Berkekuatan 7,7 SR Guncang Maluku Barat Daya

Denny berharap, masyarakat mempercayai informasi dari sumber terpercaya, bukan informasi liar yang beredar di media sosial.

Warga di Manokwari juga diminta beraktivitas seperti biasa. Karena pusat gempa berada di jarak 245 kilometer sebelah timur laut Maluku Barat Daya. Gempa ini berada di kedalaman 231 kilometer.

Menurutnya, hampir seluruh wilayah di Papua Barat mengalami dampak getaran. wilayah di Papua Barat yang paling dekat dengan pusat gempa yakni Kabupaten Kaimana dan Fakfak.

BACA JUGA: Gempa Bumi Susulan 5,2 SR Guncang Mamberamo Tengah Papua, Tak Berpotensi Tsunami

"Kalau Provinsi Papua yang paling dekat Nabire. Bahkan baru saja saya dapat laporan, Merauke pun terasa getaran gempanya," ujarnya.

Daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat serta Dili ibu kota Negara Timor Leste pun diperkirakan menerima dampak berupa guncangan dari gempa tersebut.

Menurutnya, gempa yang ini cukup kuat namun tidak berpotensi tsunami karena cukup jauh berada di kedalaman. Getaran sangat kuat diperkirakan terjadi di Kota Saumlaki, Tual dan wilayah-wilayah Maluku Barat Daya lainya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal