Jelang Lebaran, Satgas Yonif PR 328 Bantu Warga Keerom Panen Ternak Ayam

Donald Karouw ยท Senin, 03 Juni 2019 - 03:01 WIB
Jelang Lebaran, Satgas Yonif PR 328 Bantu Warga Keerom Panen Ternak Ayam

Anggota Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dgh Kostrad membantu memanen hasil ternak ayam milik warga Kampung Arso 1, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu (1/6/2019). (Foto: Dispenad).

KEEROM, iNews.id, – Kegiatan membantu masyarakat terus ditunjukkan prajurit TNI AD yang tergabung dalam Satgas Pamtas Yonif PR 328/Dgh Kostrad. Kali ini mereka membantu memanen hasil ternak ayam milik warga Kampung Arso 1, Kabupaten Keerom, Papua

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari menuturkan, panen ternak ayam itu atas permintaan dari pemiliknya, Agus. Anggota Satgas sebelumnya membantu Agus membenahi kandang ayamnya yang rusak. Hal ini dilakukan dengan maksud agar ayam yang diternakkan bisa tumbuh dengan sehat dan baik, serta mengurangi risiko gagal panen.

"Kegiatan bersama warga seperti ini kita atur supaya tidak menghambat tugas pengamanan dan patroli wilayah perbatasan," kata Erwin melalui keterangan tertulis, Minggu (2/6/2019).

BACA JUGA: Turuni Gunung, Prajurit TNI Bantu Ibu Melahirkan di Puncak Jaya

Dia menjelaskan, peternakan ayam di Kampung Arso 1 tersebut setidaknya dapat mengurangi kebutuhan pasokan daging dari luar daerah, sekaligus meningkatkan roda ekonomi di wilayah ini.

Menjelang Lebaran, kata Erwin, kebutuhan daging meningkat sehingga dengan adanya peternakan ayam di sini dapat membantu warga dalam hal kebutuhan daging.

"Setidaknya tidak harus menunggu supply dari luar daerah yang tentunya harganya pun akan mahal," kata dia.

Saat ini, lanjut Erwin, harga daging ayam bisa mencapai Rp60.000- 65.000 per ekor. Sedangkan hasil ternak Agus dijual Rp50.000-60.000 per ekor sesuai ukuran.

"Memang kapasitas produksinya belum banyak, tapi secara perlahan dan ditekuni maka di Keerom bisa menjadi pemasok daging ayam" ucapnya.

BACA JUGA: TNI Bantu Warga Buka Lahan Pertanian di Musi Banyuasin

Sementara itu Agus mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Satgas yang dikoordinasi Serka Suharto sehingga dapat memanen hasil ternaknya dengan lancar dan baik .

"Terima kasih kepada personel TNI yang telah banyak membantu warga, termasuk kami. Keberadaan Satgas sering membantu dalam membantu meningkatkan perekonomian warga," ujar Agus.


Editor : Zen Teguh