Jokowi ke Papua-Papua Barat Hari Ini, Tinjau Trans Papua hingga Nikmati Senja di Kaimana

Nathan Making, Antara ยท Sabtu, 26 Oktober 2019 - 06:30 WIB
Jokowi ke Papua-Papua Barat Hari Ini, Tinjau Trans Papua hingga Nikmati Senja di Kaimana

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Presiden akan mengunjungi Papua dan Papua Barat hari ini, Sabtu (26/10/2019)

TIMIKA, iNews.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat hari ini, Sabtu (26/10/2019). Kedatangannya merupakan kunjungan kerja perdana setelah dilantik pada 20 Oktober 2019 lalu bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, Presiden Jokowi akan berkunjung ke Wamena dan Jayapura. Presiden bersama rombongan juga akan melawat ke Manokwari dan Kabupaten Pegunungan Arfak di Provinsi Papua Barat serta Kabupaten Kaimana dan Fakfak untuk meninjau proyek jalan Trans Papua.

“Beliau ingin datang ke Papua sesegera mungkin, terutama mengunjungi Wamena dan Jayapura, sekaligus meresmikan Jembatan Holtekamp. Beliau ingin hadir di Wamena untuk memberikan kesan bahwa pemerintah sangat peduli dengan situasi yang terjadi di sana. Saya kira perhatian Beliau ke Papua sangat besar,” kata Tito di Rimba Papua Hotel Timika, Jumat (25/10/2019).

 

BACA JUGA: Mendagri dan Plt Kapolri Rapat Tertutup dengan Pemkab Mimika, Ini yang Dibahas

 

Menjelang kunjungan presiden, sejumlah persiapan dilalukan di Kaimana, Manokwari dan Pegunungan Arfak. Mendagri bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Plt Kapolri Komjen Pol Ari Dono telah berada di Manokwari sejak Jumat, untuk memeriksa persiapan di daerah terkait kunjungan kerja RI-1 tersebut.

Sementara Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani mengatakan, sesuai jadwal, pesawat Presiden lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (26/10/2019) antara pukul 16.00 WIB hingga 17.00 WIB menuju Bandar Udara Dominie Edward Osok (DEO) Sorong, Papua Barat.

“Pak Presiden akan bermalam di Sorong. Tiba di Sorong sekitar pukul 9 malam, lalu paginya melanjutkan perjalanan ke Manokwari untuk berkunjung ke Kabupaten Pegunungan Arfak,” kata Wagub di Manokwari.

 

BACA JUGA: Putra Daerah Papua Wempi Wetipo Jabat Wakil Menteri PUPR 

 

Dari Manokwari, rombongan Presiden ke Pegunungan Arfak menggunakan Helikopter TNI AU. Dari sini, Presiden kembali ke Manokwari dan langsung terbang menuju Kaimana.

“Jadi kemungkinan Minggu sore, pak Presiden sudah di Kaimana untuk menikmati senja sore di sana,” ujar Lakotani.

Rangkaian kegiatan Presiden Jokowi di Kaimana akan dilaksanakan pada Senin (28/10/2019). Setelah selesai, pada hari yang sama Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

“Kami bersyukur di awal kepemimpinan Presiden di periode kedua ini, beliau mengawali kunjungan di sejumlah daerah di Papua Barat dan Papua. Tentu akan ada agenda pembangunan strategis yang akan kami sampaikan ke bapak presiden,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Rombongan Kementerian PUPR Diserang Panah saat Survei di Dekai Papua, 2 Terluka

 

Lakotani juga mengatakan, sudah sejak dua tahun lalu Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy menanti kunjungan Presiden Jokowi. Kehadiran presiden sangat diharapkan baik masyarakat maupun pemerintah daerah. Bupati menginginkan Jokowi melihat langsung potensi pariwisata dan kekayaan alam lain serta kondisi Pegunungan Arfak saat ini.

“Pak bupati sendiri yang meminta Presiden untuk berkunjung ke Pegaf (Pegunungan Arfak), kurang lebih sudah dua tahun lalu. Waktu itu Presiden sudah mengiyakan, namun karena berbagai kesibukan dan lain sebagainya maka hari Minggu besok baru hal itu terwujud,” katanya.

Kehadiran Presiden Jokowi ke kabupaten tersebut diharapkan membawa dampak yang signifikan terhadap pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, pendidikan serta infrastruktur dasar lainnya.


Editor : Maria Christina