Kapal Berpenumpang 20 Orang Tenggelam di Perairan Sorong, 2 Meninggal Dunia

Chanry Andrew Suripatty ยท Sabtu, 07 September 2019 - 17:37 WIB
Kapal Berpenumpang 20 Orang Tenggelam di Perairan Sorong, 2 Meninggal Dunia

Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: AFP).

SORONG, iNews.id - Sebuah kapal motor atau longboat berpenumpang 20 orang dilaporkan tenggelam di perairan Sorong - Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (7/9/2019). Dalam insiden ini dua orang meninggal dunia, sedangkan 18 penumpang lainnya selamat.

Kepala Basarnas Kota Sorong, Sunarto, membenarkan adanya kejadian kapal tenggelam di perairan tersebut. Dugaan sementara, kapal terbalik karena dihantam gelombang tinggi.

BACA JUGA: Kapal Nelayan Angkut Rombongan Siswa SMA Tenggelam di Pulau Panjang

"Dari 20 korban di kapal tersebut, sebanyak 18 orang selamat dan dua orang meninggal dunia," kata Sunarto saat dikonfirmasi wartawan di Kota Sorong, Papua Barat.

Laporan yang diterima, kapal tersebut berangkat dari Kampung Samate Salawati Raja Ampat menuju Sorong pukul 07.00 WIT. Kemudian, dalam perjalanan kapal dihantam gelombang tinggi.

Informasi yang diterima Basarnas, kapal dihantam ombak tinggi saat melintas di perairan Pulau Jefman dan Pulau Soop Sorong sekitar pukul 09.00 WIT.

BACA JUGA: Dihantam Ombak Tinggi, Kapal Penyeberangan di Aceh Kesulitan Turunkan Penumpang

"Awalnya sebanyak delapan orang selamat, dievakuasi kapal lain yang melintas. Kemudian 11 penumpang lainnya kembali ditemukan selamat," ujar dia.

Korban selamat dievakuasi ke Kampung Samate Salawati Raja Ampat. Sebanyak dua orang kemudian ditemukan dalam kondisi tak bernyawa, turut dibawa ke lokasi yang sama.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal