Kelebihan Muatan, Perahu Bawa 25 Jemaat Gereja Terbalik di Manokwari

Chanry Andrew Suripatty ยท Rabu, 06 Februari 2019 - 11:33 WIB
Kelebihan Muatan, Perahu Bawa 25 Jemaat Gereja Terbalik di Manokwari

Petugas Basarnas Manokwari saat mengevakuasi penumpang perahu yang terbalik di perairan Redani, Manokwari, Papua Barat. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

MANOKWARI, iNews.id – Kecelakaan laut terjadi di perairan Redani, Manokwari, Papua Barat, Selasa (5/2/2019) pukul 17.30 WIT. Satu unit perahu yang memuat 25 penumpang terbalik diduga akibat kelebihan muatan.

Informasi yang dirangkum iNews, perahu nahas ini diketahui hendak berlayar ke Kota Manokwari. Perahu membawa 25 jemaat dalam perjalanan pulang usai mengikuti perayaan HUT Pekabaran Injil (PI) ke-164 di Pulau Mansinam.

Namun baru sekitar 700 meter dari daratan, perahu yang sedang berlayar mendadak terbalik di tengah laut, di dekat Jembatan Rendani. Seluruh penumpang kemudian menyelamatkan diri dengan cara berenang ke daratan.

Tak berselang lama, kapal cepat Basarnas Manokwari yang membawa sejumlah personel tiba di lokasi kejadian. Mereka juga ikut membantu proses evakuasi penumpang perahu dan memastikan semuanya selamat serta tak ada yang tertinggal. Selanjutnya pukul 18.25 WIT, perahu berwarna biru berbalut tenda putih bersama sebuah mesin Jhonson dievakuasi ke daratan.

BACA JUGA: 1 Korban Kapal Meledak di Sungai Mahakam Tewas, 2 Masih Hilang

Kepala Kantor Basarnas Manokwari Andarias Alik mengatakan, telah mengerahkan 50-an personel untuk mengantisipasi risiko terjadinya kecelakaan pelayaran dan mengamankan jalur penyeberangan dari Kota Manokwari ke Pulau Mansinam. Khususnya di sejumah perairan yang menjadi titik rawan dengan menyiagakan 2 unit speedboat, 2 unit rubber boat, dan 1 unit sekoci milik KN SAR 244 Kumbakarna.

“Dengan padatnya jalur pelayaran, sempat terjadi enam kali kejadian perahu terbalik dan 2 perahu tabrakan. Namun bersyukur, dengan kesiapsiagaan tim yang berada di laut berhasil mengevakuasi dan menyelamatkan korban dengan membantu mengantarkan ke tempat yang aman,” ujar Andarias Alik, Rabu (6/2/2019).

Diketahui, beberapa kejadian perahu terbalik juga terjadi saat perayaan HUT PI. Selain di Rendani, sebuah perahu juga dikabarkan terbalik di dekat Pulau Mansinam di waktu yang hampir bersamaan. Total terjadi 6 kejadian perahu terbalik dan satu tabrakan perahu sepanjang Selasa (5/2/2019).


Editor : Donald Karouw