Kerusuhan di Wamena, Polda Papua Tetapkan 7 Tersangka

Edy Siswanto ยท Senin, 30 September 2019 - 19:52 WIB
Kerusuhan di Wamena, Polda Papua Tetapkan 7 Tersangka

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjenguk korban kerusuhan di Wamena. (Foto: iNews.id/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id - Polda Papua menetapkan tujuh tersangka kasus kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Ketujuh orang tersebut diduga kuat menjadi pelaku perusakan dan pembunuhan terhadap 33 warga saat demonstrasi anarkistis hingga berujung kerusuhan, Senin (23/9/2019) lalu di Kota Wamena.

Tindakan anarkistis itu juga mengakibatkan ratusan korban luka-luka hingga terjadinya gelombang pengungsian ke Jayapura. 

Para tersangka ini adalah mahasiswa dan masyarakat yang turut aksi demo tersebut dan disinyalir menjadi otak tindakan anarkistis pada demo tersebut.

BACA JUGA: Kerusuhan Wamena, Bupati Jayawijaya: Warga yang Eksodus 1.261 Orang

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, jajarannya terus mendalami beberapa bukti yang ada untuk memburu pelaku-pelaku lain yang diduga jumlahnya akan terus bertambah seiring proses penyelidikan.

“Jumlah tersangka hingga saat ini ada tujuh orang dari mahasiswa dan masyarakat umum. Kemungkinan ini bisa berkembang dari hasil pemeriksaan para saksi dan keterangan yang didapat penyidik, serta bukti-bukti di lapangan,” kata Kamal di Mapolda Papua, Senin (30/9/2019).

Polda Papua juga terus mengejar beberapa nama yang sudah dikantongi. DIharapkan dalam waktu dekat semua pelaku ini bisa ditangkap termasuk oknum yang bermain di balik peristiwa berdarah itu. “Mudah-mudahan kita bisa ungkap siapa pelakunya di balik peristiwa ini,” ucapnya.

Hingga sepekan pasca-kasus demo brutal hingga jatuhnya puluhan korban meninggal dunia ini kondisi Kota Wamena dan sekitarnya berangsur kondusif.

BACA JUGA: Gubernur Papua Minta Maaf dan Sampaikan Belasungkawa kepada Korban Kerusuhan Wamena

Beberapa ruko yang tidak berdampak dari aksi demo brutal itu mulai buka untuk menjual bahan pokok. Sementara itu, gelombang pengungsian dari Wamena ke Jayapura terus berdatangan.

Pesawat hercules TNI AU terus membawa para pengungsi yang ingin meninggalkan Kota Wamena.


Editor : Kastolani Marzuki