Ketua KNPB Agus Kossay Ditangkap di Sentani Papua

Antara ยท Rabu, 18 September 2019 - 07:49 WIB
Ketua KNPB Agus Kossay Ditangkap di Sentani Papua

Polisi menangkap Ketua KNPB Agus Kossay yang ditengarai menjadi dalang kerusuhan di Papua. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Agus Kossay ditangkap polisi di kawasan Hawaii, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (17/9/2019) malam. KNPB diketahui merupakan organisasi yang mendukung keinginan lepasnya Papua dari NKRI.

Sebelumnya, Ketua Tim Asistensi Kapolri Irjen Pol Paulus Waterpauw menduga pemulangan ribuan mahasiswa asal Papua didalangi anggota KNPB. Dugaan itu terungkap dan diperkuat dari hasil kunjungannya ke Malang untuk memantau aksi demo memperingati perjanjian New York pada 15 Agustus silam.

Ketika itu, demo tidak mendapat izin dari Kapolres Malang karena mereka tidak dapat memberitahu penanggung jawab aksi dan nomor kontaknya. Kendati tak mendapat izin, mereka tetap melakukan aksi dengan turun ke jalan yang berujung pada pembubaran paksa.

BACA JUGA: Polisi: Veronica Koman Sering Tarik Uang dari 6 Rekening, termasuk saat di Papua

Untuk mendukung aksi mereka, KNPB yang juga merupakan mahasiswa senior melakukan intimidasi hingga menyebabkan pulangnya ribuan mahasiswa.

“Pada umumnya mahasiswa yang menjadi anggota KNPB-lah yang sering kali melakukan intimidasi hingga membuat mahasiswa lainnya ketakutan,” ujar Waterpauw, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, perlu dilakukannya penertiban dalam asrama mahasiswa Papua. Terutama bagi mereka yang menjadi mahasiswa abadi dan seringkali mengganggu atau mengancam mahasiswa baru.


Editor : Donald Karouw