Koarmada III Kerahkan Pesawat Cari Longboat yang Hilang di Perairan Asmat Papua

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 09:07 WIB
Koarmada III Kerahkan Pesawat Cari Longboat yang Hilang di Perairan Asmat Papua

Pesawat patroli maritim U-6212 yang dikerahkan untuk membantu pencarian longboat yang hilang di perairan Asmat, Papua. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

SORONG, iNews.id – Pencarian kapal jenis longboat berpenumpang 30 orang yang hilang kontak di Perairan Agats, Kabupaten Asmat, Papua, terus dilakukan. Operasi ini didukung Komando Armada (Koarmada) III yang mengerahkan satu unit pesawat udara patroli maritim U-6212 dan satu unit sea rider untuk melaksanakan search and Rescue (SAR).

Kadispen Koarmada III Letkol Laut (KH) Kadir mengatakan, dalam operasi SAR tersebut, pesawat dengan Pilot Kapten Laut (P) Aang bersama Co Pilot Lettu Laut (P) Ahmad Seto M menjalankan Operasi Trisula-19. Sekaligus membantu pencarian hilangnya kapal fiber 40 meter tersebut di Perairan Agats, Kabupaten Asmat, sejak Kamis (9/5/2019).

BACA JUGA: Longboat Berpenumpang 30 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat

"Pesawat take off dari Timika menyisir sepanjang perairan Asmat kurang lebih 40,31 mil, namun belum menemukan apapun,” ujar Kadispen Koarmada III Letkol Laut (KH) Kadir, Senin (13/5/2019).

Diketahui, kapal loangboat tersebut berangkat dari Distrik Fayid, Kabupaten Asmat pada Kamis (9/12/ 2019) pukul 15.00 WIT. Sesuai agenda, kapal tiba di tujuan pukul 22.00 WIT atau tujuh jam perjalanan laut. Namun hingga saat ini kapal tak kunjung datang dan menghilang.


Editor : Donald Karouw