Longboat Berpenumpang 30 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat

Nathan Making ยท Senin, 13 Mei 2019 - 21:10 WIB
Longboat Berpenumpang 30 Orang Hilang Kontak di Perairan Asmat

Tim SAR dan TNI AL terus berupaya mencari keberadaan longboat yang membawa 30 penumpang setelah hilang kontak di perairan Asmat, Papua. (Foto: iNews.id/Nathan Making)

TIMIKA, iNews.id - Longboat berpenumpang 30 orang hilang kontak di perairan Kabupaten Asmat, Papua. Hingga kini, belum diketahui nasib puluhan penumpang longboat yang sudah hilang kontak sejak Kamis, 9 Mei 2019 lalu.

Tim SAR bersama TNI Angkatan Laut masih mencari keberadaan longboat dan puluhan penumpangnya melalui udara dan laut. Pencarian menggunakan pesawat Casa milik TNI AL dari Bandara Mozes Kilangin Timika. Sedangkan pencarian lewat laut menggunakan kapal milik Basanar.

Pencarian dipimpin Kepala SAR Timika, Monce Brury dan Komandan Lanal Timika Letkol Yadi Mulyadi. Dengan menggunakan teropong, tim SAR melakukan pengamatan dari udara di jalur sungai di wilayah perairan Asmat.

Pencarian lewat udara juga diperluas dengan mengamati laut lepas. Namun, hingga empat jam pencarian longboat tersebut juga belum ditemukan.

BACA JUGA: Kapal Tenggelam, 4 Orang Selamat setelah 13 Jam Terombang-ambing di Sumbawa

Kepala SAR Timika, Monce Brury mengatakan, informasi yang diperoleh pada Kamis lalu, longboat itu awalnya bertolak dari Distrik Fayit tujuan Kota Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat.

“Longboat itu bertolak pukul 15.00 WIT dan rencana tiba pukul 22.00 WIT, namun hingga Jumat pagi longboat tak kunjung tiba,” katanya, Senin (13/5/2019).

Monce mengatakan, tim SAR dan TNI AL akan terus mencari 30 penumpang longboat dan berharap mereka dalam keadaan selamat semua. “Tadi pagi kami, tim TNI AL juga melakukan pencarian dengan helikopter namun belum juga ditemukan. Pencarian akan dilanjutkan besok,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki