Merauke Papua Disebut Jadi Lokasi Latihan Teroris JAD, Ini Kata Polisi

Antara ยท Rabu, 08 Mei 2019 - 16:12 WIB
Merauke Papua Disebut Jadi Lokasi Latihan Teroris JAD, Ini Kata Polisi

Ilustrasi teroris. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id – Dalam beberapa pekan terakhir, Densus 88 Antiteror menangkap sejumlah anggota terduga teroris kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di berbagai daerah. Seperti di Bekasi, Tegal dan Kota Bitung. Dan baru-baru ini beredar informasi yang menyebutkan sejumlah daerah di Provinsi Papua dijadikan sebagai lokasi latihan. Salah satunya yakni wilayah Kabupaten Merauke.

Merespons informasi tersebut, jajaran Polres Merauke saat ini sedang menyelidiki keberadaan tempat latihan kelompok JAD di daerahnya tersebut.

"Terkait dengan adanya berita di medsos yang menyebut Merauke Papua dipakai sebagai lokasi latihan kelompok JAD. Sampai kini keberadaan kelompok JAD dan tempat latihannya di Merauke sedang dilakukan penyelidikan," ujar Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung di Jayapura, Rabu (8/5/2019).


BACA JUGA:

Densus 88 Tangkap 2 Terduga Teroris di Bitung Sulawesi Utara

1 Terduga Teroris Jaringan Lampung Tewas Meledakkan Diri, 1 Pelaku Ditangkap


Berkaitan dengan informasi tersebut, Kapolres mengimbau masyarakat yang ada di Bumi Anim Ha (sebutan lain untuk Kabupaten Merauke) agar tetap tenang dan tak mudah terprovokasi dengan isu yang memecah kerukunan umat beragama.

"Jadi sampai saat ini belum ditemukan adanya pelanggaran dan atau perbuatan melawan hukum yang dilakukan kelompok tersebut," katanya.

Dia berharap tidak ada warga yang terhasut dan melakukan pelanggaran atau perbuatan melawan hukum. Selain itu juga bertindak dengan main hakim sendiri.

Menurutnya, apapun informasi terkait dengan kegiatan dan keberadaan kelompok JAD, hal tersebut agar langsung diteruskan atau dilaporkan kepada pihak berwajib.

"Tolong infokan kepada aparat Polri dan TNI. Tapi tetap waspada dan melakukan siskamling di tempat masing-masing. Apabila ada tamu yang datang dan menginap wajib lapor diri dalam 1x24 jam," ucapnya.

Kapolres mengaku juga telah meminta pemangku kepentingan untuk meningkatkan komunikasi dan kerja sama untuk bersama-sama menjaga keamanan di wilayah tersebut.


Editor : Donald Karouw