Motor Curian di Jayapura Ternyata Ditukar Ganja dari Papua Nugini

Edy Siswanto ยท Kamis, 06 September 2018 - 09:31 WIB
Motor Curian di Jayapura Ternyata Ditukar Ganja dari Papua Nugini

MA, salah seorang pelaku pencurian sepeda motor di Jayapura yang ditangkap petugas Polsek Kota Abepura. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAYAPURA, iNews.id - Kasus pencurian kendaraan bermotor di Kota Jayapura, Papua, belakangan semakin marak. Oleh pelaku, barang hasil curian itu dijual ke Papua Nugini (PNG). Bahkan tak jarang pelaku menukarnya dengan narkoba jenis ganja untuk diedarkan di Jayapura.

Kasus penjualan dan barter motor curian dengan narkoba itu terungkap lewat ditangkapnya salah seorang pelaku berinisial MA alias Musa Selasa (4/9/2018) malam. Oleh petugas, MA langsung digelandang ke Polsek Kota Abepura.

"MA kami tangkap di samping pom bensin Kamkey, Distrik Abepura, Jayapura. Pelaku ditangkap saat akan menjual linting ganja kepada teman-temannya. Ada lima bungkus kecil ganja kering dibawa pelaku saat itu," jelas Kapolsek Abepura Kota AKP Dionisius Vox Dei Paron Helan, Kamis (6/9/2018).

Selain ganja, polisi juga berhasil menyita satu unit sepeda motor Yamaha Mio bernomor polisi DS 5064 RJ dari tangan MA. Setelah diselidiki, sepeda motor itu merupakan barang curian milik Amran Rasyid, warga Kloofkam Jayapura. "Saat penangkapan itu pelaku sempat mau melarikan diri, namun petugas lebih sigap," ucapnya.

Saat diperiksa petugas, pelaku mengaku sering menukar hasil curiannya dengan narkoba jenis ganja dari PNG. Pelaku membawa sepeda motor hasil curian ke Papua Nugini menggunakan perahu motor. "Dari pengakuan MA, sudah ada 15 unit sepeda motor hasil curian yang dibawa kabur ke negara PNG melalui jalur laut," kata Dionisius.

Saat ini MA masih menjalani pemeriksaan intensif di Mapolsekta Abepura. Polisi juga terus melakukan pengembangan untuk bisa menangkap jaringan lain yang terkait dengan MA.

Untuk diketahui, saat ini hampir setiap hari Polsek Abepura Kota dan lainnya di wilayah hukum Polres Jayapura Kota menerima aduan kehilangan kendaraan bermotor. Terakhir, polisi menggerebek Resunawa Perumnas 3 Waena, Distrik Heram Jayapura. Dalam pengrebekan itu, puluhan kendaraan bermotor diduga hasil curian berhasil diamankan.


Editor : Himas Puspito Putra