Papua Siaga 1 Jelang HUT OPM 1 Desember, 1.300 Personel Dikerahkan untuk Pengamanan

Edy Siswanto ยท Selasa, 26 November 2019 - 17:32 WIB
Papua Siaga 1 Jelang HUT OPM 1 Desember, 1.300 Personel Dikerahkan untuk Pengamanan

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw saat memantau wilayah Tembagapura, Timika, Papua dalam kendaraan lapis baja. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

TIMIKA, iNews.id – Menjelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) 1 Desember mendatang, situasi kemanan di Papua saat ini berstatus Siaga I Keamanan berlapis diberlakukan untuk seluruh wilayah Papua, khususnya di Kota Timika.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, ada 1.300 aparat gabungan yang telah disiagakan di pos masing-masing untuk menjaga situasi keamanan di Tembagapura, Timika (areal PT Freeport Indonesia). Pasukan pengamanan ini terdiri atas Brimob Polda Papua, diback up Brimob Kalimantan Tengah dan beberapa personel Brimob BKO Polda Papua.

Informasi yang diperoleh, kelompok separatis papua merdeka akan melakukan gangguan keamanan di wilayah Pegunungan Papua, utamanya di areal tambang emas terbesar di dunia tersebut.

BACA JUGA: 1 KKSB Tewas, Pendulang Emas Diminta Tinggalkan Kawasan Tembagapura

“Timika menjadi sasaran pengamanan kami. Ada lapisan keamanan yang kami terapkan untuk mengantisipasi Informasi beredar soal rencana gangguan-gangguan di perusahan multinasional ini (Freeport),” ujar Kapolda, Selasa (26/11/2019).

Pengamanan ekstra ini agar kejadian tahun sebelumnya tidak terulang, yakni tragedi pembantaian pekerja PT Istaka karya di wilayah Kabupaten Nduga. Selain itu, polisi juga mengeluarkan aturan tegas tidak diperboehkannya aksi demo atau doa bersama pada 1 Desember esok. Semua kegiatan yang dianggap berkaitan dengan OPM akan ditindak tegas.


Editor : Donald Karouw