Pasar Skouw di Perbatasan Papua Terbakar, 60-an Lapak Ludes Rata Tanah

Antara, Edy Siswanto ยท Minggu, 28 Oktober 2018 - 11:58 WIB
Pasar Skouw di Perbatasan Papua Terbakar, 60-an Lapak Ludes Rata Tanah

Kobaran api yang menghanguskan puluhan kios pedagang di Pasar Skouw, perbatasan RI-Papua Nugini. (Foto: iNews/Edy Siswanto)

JAYAPURA, iNews.id – Kebakaran menghanguskan puluhan kios di Pasar Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Minggu (28/10/2018) pukul 09.15 WIT. Tidak ada laporan korban jiwa atas peristiwa yang menimbulkan kerugian materiel bagi pedagang pasar yang terletak di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) tersebut.

Pantauan iNews, kobaran api dengan asap hitam tampak membumbung tinggi di lokasi kebakaran. Hal itu lantaran rata-rata lapak kios terbuat dari bahan kayu yang mudah terbakar. Belum ada data pasti jumlah kios yang terbakar, namun diperkirakan lebih dari 60 lapak ludes dilalap si jago merah.

Satgas TNI di perbatasan bersama warga dan pemilik kios melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya. Mereka juga berupaya menyelamatkan barang dagangan milik pedagang yang masih dapat diselamatkan. Namun kondisi angin yang cukup kencang membuat kobaran api sulit dikendalikan. Dengan cepat, pasar baru yang ada perbatasan ini ludes terbakar hingga nyaris rata dengan tanah.

Dalam peristiwa tersebut, tiga unit armada pemadam kebakaran (damkar) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura diturunkan untuk memadamkan api. Petugas bersama TNI dan masyarakat berjibaku untuk mengendalikannya dan mencegah lebih meluas.

Danyon 501 Kostrad Letkol Inf Antoni Chandra mengatakan, peristiwa kebakaran yang diperkirakan menghanguskan puluhan kios karena kurangnya alat penunjang seperti mobil kebakaran.

Pemadaman awalnya hanya dapat dilakukan secara konvensional dengan bantuan warga masyarakat dan anggota menggunakan mobil tangki air milik PT Nidya Karya.

“Belum diketahui pasti penyebab kebakaran karena api masih belum dapat dipadamkan seluruhnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” kata Letkol Chandra di lokasi tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran.

Diketahui, Pasar Skouw yang terbakar merupakan pasar sementara di perbatasan. Nantinya setelah bangunan pasar selesai dibangun, maka rencananya pedagang akan direlokasi ke dalam bangunan pasar baru tersebut. Sementara bangunan lama di pinggir jalan rencananya akan dibongkar untuk dibangun lokasi parkiran.

Pasar Skouw ini menjual berbagai aneka barang kebutuhan yang dikhususkan untuk warga Papua Nugini (PNG). Posisi pasar terletak sekitar 300 meter dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw atau sekitar 100 meter dari Pos Kotis pengamanan perbatasan Yonif 501 Kostrad.


Editor : Donald Karouw