Pascakerusuhan Wamena, Irjen Pol Paulus Waterpauw Kembali Jadi Kapolda Papua

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 27 September 2019 - 23:15 WIB
Pascakerusuhan Wamena, Irjen Pol Paulus Waterpauw Kembali Jadi Kapolda Papua

Irjen Pol Paulus Waterpauw kembali menjabat sebagai Kapolda Papua. (Foto: Dok iNews).

JAYAPURA, iNews.id - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mencopot jabatan Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja sebagai Kapolda Papua. Pascademo rusuh di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Irjen Pol Paulus Waterpauw kembali ditunjuk untuk memimpin instansi kepolisian di daerah tersebut.

Mutasi jabatan itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri Nomor ST/2569/IX/KEP/2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri. Surat tertanggal 27 September 2019.

BACA JUGA: Cerita Pengungsi Korban Kerusuhan di Wamena, 600-an Warga Sempat Disandera

Jabatan Kapolda Papua yang dipegang Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja kembali diambil alih Irjen Pol Paulus Waterpauw. Sebelumnya dia menduduki jabatan Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti, Sespim Lemdiklat Polri.

Bukan hanya Irjen Rudolf, sebanyak 20 perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) yang mengisi jabatan terbaru. Di antaranya Kapolda Riau dan Kapolda Sultra.

BACA JUGA: 30 Tewas dalam Demo Rusuh di Papua, 26 Korban di Wamena dan 4 Orang di Jayapura

"Dimohon kepada jenderal agar memerintahkan para pati/pamen Polri tersebut segera melaksanakan tugas yang baru paling lambat 14 hari mulai tanggal ditetapkan keputusan mutasi ini," kata Kapolri Tito dalam Surat Telegram tersebut, Jumat (27/9/2019).

Sebelumnya, sebanyak 26 orang tewas dalam demo berujung rusuh di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Sedangkan, empat orang termasuk seorang anggota TNI tewas dalam kerusuhan di Kota Jayapura. Total korban tewas di dua lokasi mencapai 30 orang.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal