Paus Biru Terdampar di Teluk Wairorif Papua dengan Tubuh Penuh Luka

Edy Siswanto ยท Rabu, 06 November 2019 - 10:42 WIB
Paus Biru Terdampar di Teluk Wairorif Papua dengan Tubuh Penuh Luka

kan paus biru terdampar di Teluk Wairorif, Distrik Ambai, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua dengan tubuh penuh luka. (Foto: iNews.id/Edy Siswanto)

YAPEN, iNews.id - Seekor ikan paus biru terdampar di Teluk Wairorif, Distrik Ambai, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua dengan tubuh penuh luka. Pemerintah bersama warga setempat gagal menariknya ke tengah laut, lantaran ikan ini terus kembali ke pinggir pantai.

Warga menemukan paus dengan panjang sekitar 12 meter ini Senin (6/11/2019) sekitar pukul 04.00 WIT. Hewan mamalia air ini mengalami luka pada ekor, sirip dan badan diduga karena upaya penangkapan oleh oknum.

Meski sudah berkali-kali ditarik dengan perahu agar dapat kembali berenang di laut dalam, namun paus ini selalu kembali ke pantai. Hingga Senin sore, ikan ini belum berhasil di bawa ke tengah laut.

BACA JUGA: Hiu Paus Terdampar di Pantai Lebak Banten, Tubuhnya Mengeluarkan Darah

Sekda Kabupaten Yapen, Alexander Nussy menyatakan kesedihannya melihat kondisi hewan ini.

“Ini hewan langka dan kita sudah berusaha juga bersama para aparat dan pejabat agar dia dapat kembali ke laut, tapi selalu kembali,” katanya.

Dia menduga, umur paus ini sudah tua dan hampir mati. Harapan untuk sembuh juga terbilang kecil.

Rencananya, pemerintah bersama warga setempat akan kembali melakukan upaya penyelamatan dengan menariknya ke tengah laut. Namun jika paus ini tidak mau dipindahkan dan akhirnya mati, maka warga akan menguburkannya.


Editor : Umaya Khusniah