Paus Fransiskus Sampaikan Duka Mendalam atas Meninggalnya Uskup Timika

Antara ยท Rabu, 07 Agustus 2019 - 19:21 WIB
Paus Fransiskus Sampaikan Duka Mendalam atas Meninggalnya Uskup Timika

Rombongan uskup dan pastor mengelilingi peti jenazah Mgr John Philip Saklil Pr sebelum diberangkatkan menuju pemakaman di belakang Kantor Keuskupan Timika, Papua, Kompleks Rumah Transit Bobaigo SP2, Rabu (7/8/2019). (Foto: Antara)

TIMIKA, iNews.id – Paus Fransiskus menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Uskup Timika Monsigneur (Mgr) John Philip Saklil Pr. Ucapan duka cita itu disampaikan melalui Sekretaris Negara Vatikan Kardinal Pietro Parolin yang dibacakan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr Ignatius Suharyo saat misa penghormatan dan pemberkatan jenazah di Gereja Katedral Tiga Raja Timika, Papu, Rabu (7/8/2019).

“Bapak Suci Paus Fransiskus turut berduka setelah mengetahui meninggalnya Uskup John Philip Saklil secara tak terduga. Beliau mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada klerus, kaum religius, umat beriman, keluarga, dan seluruh umat Keuskupan Timika dan Keuskupan Agung Merauke seraya mengucap syukur atas tahun-tahun pelayanan imamat dan episkopat Uskup John Saklil,” kata Kardinal Parolin.

Pemimpin Gereja Katolik itu juga memberikan berkat apostolik kepada umat Keuskupan Timika dan Keuskupan Agung Merauke yang ditinggalkan oleh Mgr John Philip Saklil.


BACA JUGA: Uskup Pertama Timika Sekaligus Pejuang Kemanusiaan Mgr John Philip Saklil Wafat


Ucapan duka cita atas meninggalnya Mgr John Saklil juga disampaikan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo. “Sambil mengungkapkan rasa belasungkawa, saya juga berbagi iman dalam Tuhan kita yang bangkit yang telah menerima Mgr John dalam Kerajaan Surgawi sembari berdoa bagi istirahatnya yang kekal.”

“Mari kita meminta kepada Uskup John yang hidup selamanya dalam keabadian untuk selalu mendoakan kita dan tidak meninggalkan kita,” kata Nuncius Pioppo, yang tidak sempat menghadiri pemakaman Mgr John Philip Saklil di Timika.

Pemimpin Gereja Katolik Keuskupan Timika Monsigneur John Philip Saklil Pr meninggal dunia pada Sabtu (3/8/2019). Uskup yang lahir di Mimika Barat pada 20 Maret 1960 itu menjadi Uskup Timika sejak 18 April 2004.

Selain bertugas sebagai Uskup Keuskupan Timika, Mgr John Philip Saklil satu pekan menjelang berpulang, diangkat oleh Sri Paus Fransiskus sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke.

Sementara itu, ribuan umat Katolik mengantarkan Uskup John Philip Saklil Pr menuju tempat pemakamannya di belakang Kantor Keuskupan Timika Kompleks Rumah Transit Bobaigo SP2, Rabu petang. Umat Katolik berjalan kaki 5 kilometer (km) dari Gereja Katedral Tiga Raja Timika menuju lokasi pemakaman di bawah guyuran hujan gerimis.

Seluruh warga yang hadir larut dalam suasana duka. Sebagian besar dari mereka tampak menitikan air mata. Kehadiran umat yang begitu banyak membuat pihak keamanan menutup total arus lalu lintas di dua sisi Jalan Cenderawasih mulai dari depan Gereja Katedral Tiga Raja hingga Rumah Transit Bobaigo SP2.

Perjalanan dari Gereja Katedral Tiga Raja Timika menuju lokasi pemakaman almarhum Mgr John Saklil menempuh waktu sekitar dua jam. Begitu tiba di lokasi pemakaman langsung digelar upacara pemakaman.

Sebelumnya digelar misa arwah untuk penghormatan dan pemberkatan jenazah almarhum Mgr John Saklil bertempat di Gereja Katedral Tiga Raja Timika. Perayaan misa dipimpin oleh konselebran utama yaitu Mgr Ignatius Suharyo yang didampingi empat orang uskup dan puluhan pastor.

Mgr Suharyo mengaku merasakan betul perasaan umat Keuskupan Timika serta masyarakat adat setempat yang kehilangan tokoh dan figur panutannya, Mgr John Philip Saklil.

“Dalam keadaan seperti ini, satu-satunya kita bersandar kepada penghibur yang tidak pernah hilang yaitu penghiburan iman. Selama hidupnya, Mgr John meyakini betul bahwa Yesus adalah jalan kebenaran dan hidup, jalan yang membawa orang beriman sampai kepada Bapa,” kata Uskup Keuskupan Agung Jakarta itu.


Editor : Maria Christina