Penyerangan di Yahukimo, Polri: Akses ke Lokasi Sulit Dijangkau

Irfan Ma'ruf ยท Selasa, 03 September 2019 - 16:15 WIB
Penyerangan di Yahukimo, Polri: Akses ke Lokasi Sulit Dijangkau

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAYAPURA, iNews.id - Aparat kepolisian dan TNI saat ini sedang menuju ke lokasi penyerangan di Kabupaten Yahukimo. Namun akses ke lokasi terbilang berat dan sulit dijangkau.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, aparat gabungan TNI dan Polri saat ini sedang menuju ke lokasi.

"Susah juga (ke sana), mau keluar harus melalui Kabupaten Boven Digul, kampung distrik Gustrik. Lokasi itu dikuasai juga oleh kelompok penyerang," kata Dedi di Mabes Polri Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Sebelumnya, lima orang pendulang emas tewas akibat serangan dari warga lokal. Para pelaku menggunakan senjata tajam jenis parang, tombak dan panahan.

BACA JUGA: Polri Sebut 5 Pendulang Emas Tewas Dibunuh di Yahukimo Papua, 47 Dievakuasi

Polisi belum mengetahui motif penyerangan tersebut. Sementara, kasus ini masih akan diselidiki terlebih dahulu, sekaligus mengevakuasi para korban.

"Korban lainnya (pendulan emas) melarikan diri ke dalam hutan. Dugaan sementara yang menyerang warga Yahukumo menggunakan senjata tajam," ujar Dedi.

Sebelumnya, Kapolda Papua Irjen Rudolf Albert Rodja, membenarkan adanya laporan tentang penganiayaan dan pembunuhan beberapa orang pendulang emas di Yahukimo, Papua.

Menurutnya, lokasi pendulangan emas berada di perbatasan jauh dari Ibukota Yahukimo. Rodja telah memerintahkan Kapolres Yahukimo dan Kapolres Asmat untuk mengirim tim ke lokasi tersebut.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal