Perindo Papua Barat Dorong Bawaslu Usut Praktik Politik Uang

Chanry Andrew Suripatty ยท Sabtu, 27 April 2019 - 14:22 WIB
Perindo Papua Barat Dorong Bawaslu Usut Praktik Politik Uang

Ketua DPW Perindo, Marinus Bonepai. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

MANOKWARI, iNews.id - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Papua Barat melaporkan sejumlah dugaan kecurangan dalam pemilu 17 April lalu. Di antaranya soal politik uang yang dilakukan oknum caleg DPR RI di daerah tersebut.

Ketua DPW Perindo, Marinus Bonepai menilai, terjadi banyak kecurangan di Papua Barat. Dia mengatakan, pelanggaran tersebut bukan dilakukan partai yang mengusung caleg, tapi adanya oknum-oknum yang terlibat.

"Kecurangan pemilu ini bukan dilakukan partai, tapi oleh oknum-oknum yang ada di parpol. Mereka melakukan pelanggaran pemilu money politics pada 17 April lalu," ujar Marinus kepada wartawan, Sabtu (27/4/2019).

Dia pun telah meminta ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengusut dan menindak cepat para pelanggar pemilu. Hal ini, kata dia harus segera dilakukan agar demokrasi di Papua Barat dapat berjalan dengan sehat.

Duagaan adanya praktik politik uang, kata dia, terlihat dari caleg-caleg yang tidak melakukan kampanye, turun ke masyarakat, namun dapat memperoleh suara yang signifikan saat pemungutan suara di TPS.

"Kan aneh, yang bersangkutan belum kampanye tapi suaranya membludak di TPS. Ini yang harus dipertanyakan," ujar Marinus.

Dia mengaku, sebagian partai politik di Raja Ampat sudah mengadukan hal serupa ke Bawaslu. Apalagi, bukti-bukti para pelapor pun kuat dengan adanya video yang didapat. Namun, hingga saat ini masih belum diproses secara hukum.

"Padahal kami ingin demokrasi ini bersih apalagi terkait pemilu," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal