Peringatan HUT OPM, 600 Personel TNI-Polri Diturunkan Antisipasi Keamanan di Timika

Nathan Making ยท Sabtu, 30 November 2019 - 19:26 WIB
Peringatan HUT OPM, 600 Personel TNI-Polri Diturunkan Antisipasi Keamanan di Timika

Apel siaga gabungan TNI dan Polri digelar di Lapangan Timika Indah Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (30/11/2019), menjelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 besok. (Foto: iNews/Nathan Making)

TIMIKA, iNews.idTNI dan Polri menggelar apel siaga di Lapangan Timika Indah Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (30/11/2019) sore, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 besok. Apel tersebut untuk persiapan pengamanan di Mimika dan sekitarnya.

Kapolres Mimika yang memimpin apel siaga mengatakan, apel itu dilakukan untuk kesiapan pengamanan Kota Timika dan sekitarnya terkait momen 1 Desember besok. Sebanyak 600 personel gabungan akan siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan dalam rangka menjaga stabilitas keamanan di Kota Timika.

Aparat gabungan TNI dan Polri ditempatkan di sebanyak 58 titik pengamanan di seluruh Mimika untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat peringatan HUT organisasi separatis Papua Merdeka itu. “Para personel akan ditempatkan di pos-pos pengamanan yang telah ditentukan,” kata Kapolres Mimika.

 

BACA JUGA: Panglima TNI dan Kapolri Hadiri KKR Natal di Wamena, Warga Diajak Sebar Kebaikan dan Kasih

 

Polres Mimika telah menyampaikan imbauan dan pemberitahuan kepada semua pihak agar tidak menggelar kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan maupun eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bagi yang masih melakukannya, akan mendapat tindakan tegas.

“Kelompok manapun yang akan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya ingin memisahkan diri dari NKRI, pasti akan kami tindak tegas,” kata Kapolres Mimika.

Kapolres Mimika mengingatkan kepada para personel yang sudah ditempatkan di beberapa titik rawan agar dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik. Apabila ada informasi-informasi yang menonjol, maka segera dilaporkan atau disampaikan supaya ditindaklanjuti. “Diharapkan satu dua hari ke depan, situasi di Timika tetap aman dan kondusif,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Menko Polhukam Mahfud MD Bertemu Tokoh Masyarakat Papua, Ini yang Dibicarakan 

 

Selain menempatkan pasukan di titik-titik yang sudah ditentukan, pasukan gabungan TNI-Polri juga melakukan patroli rutin di daerah rawan dan dalam Kota Timika. TNI menurunkan pasukan sebanyak dua SSK.

Patroli rutin ini tidak hanya dilakukan pada 1 Desember, tapi juga demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di hari-hari berikutnya. Pos pengamanan yang didirikan akan dilanjutkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, Polres Mimika bersama jajaran TNI setempat menggelar razia besar-besaran sejak tiga hari terakhir. Pasukan gabungan mencari senjata tajam maupun benda-benda yang mencurigakan di sejumlah titik di Kota Timika untuk mengantisipasi keamanan di wilayah tersebut.


Editor : Maria Christina