Pesawat Tergelincir saat Mendarat di Beoga, Pilot Jhonlin Air Trauma

Nathan Making ยท Rabu, 10 Oktober 2018 - 13:13 WIB
Pesawat Tergelincir saat Mendarat di Beoga, Pilot Jhonlin Air Trauma

Kondisi bangkai pesawat Cessna Caravan 208EX milik Maskapai Jhonlin Air yang gagal mendarat sempurna di Bandara Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. (Foto: iNews/Nathan Making)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

TIMIKA, iNews.id - Pilot maskapai Jhonlin Air Kris Henus (42) mengalami trauma berat usai gagal mendarat sempurna di Lapangan Udara Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Pesawat jenis Cessna Caravan 208EX yang terbang dari Timika untuk mengangkut sembako itu tergelincir saat mendarat dan menabrak tanggul di ujung landasan, Rabu (10/10/2018) pukul 06.20 WIT.

Kabid Perhubungan Udara Orpa Salosa mengatakan, belum mengetahui penyebab pasti terjadinya kecelakaan itu karena pihaknya belum bisa meminta keterangan dari pilot. Akibat kejadian itu, bagian moncong pesawat mengalami kerusakan namun tidak menimbulkan korban jiwa.

“Pilotnya belum bisa berkomentar karena masih trauma. Kami menunggu sampai kondisinya pulih,” kata Salosa saat pertemuan dengan PT Jhonlin Air Transport (JAT) di Timika, Rabu (10/10/2018).

BACA JUGA: Pesawat Cessna Tergelincir saat Mendarat di Bandara Beoga Papua

Dia menjelaskan, pesawat maskapai Jhonlin Air berangkat dari Bandara Internasional Mozes Kilangin di Timika Papua. Hanya ada satu penumpang dalam pesawat karena kondisinya di-charter.

Keberadaan pesawat belum dievakuasi karena masih harus menunggu Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut. “Pihak Jhonlin Air berjanji akan usahakan dalam satu dua hari ini untuk memberikan informasi soal kecelakaan itu,” ujarnya.


Diketahui pesawat terbang jenis Cessna Caravan 208EX dengan nomor register PK-JBR milik PT JAT tergelincir dan menabrak tanggul saat mendarat di Bandara Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu (10/10/2018) pukul 06.20 WIT.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Ari membenarkan terjadinya kecelakaan pesawat dan memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Pesawat yang dipiloti Kris Henus (42 th) itu diduga menabrak tanggul pembatas di lapangan terbang Beoga karena cuaca berkabut.


Editor : Donald Karouw