Polda Papua Buru Oknum Penyebar Hoaks yang Picu Kerusuhan di Wamena

Chanry Andrew Suripatty, Antara ยท Senin, 23 September 2019 - 15:58 WIB
Polda Papua Buru Oknum Penyebar Hoaks yang Picu Kerusuhan di Wamena

Demonstrasi pelajar SMA di Kota Wamena, Papua, berujung rusuh. Massa membakar rumah dan fasilitas umum, Senin (23/9/2019). (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id – Demonstrasi yang berlangsung rusuh di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Senin (23/9/2019), dipicu massa yang terprovokasi oleh hoaks. Kepolisian Daerah (Polda) Papua saat ini memburu penyebar informasi tidak benar yang menyebabkan kerusuhan itu.

“Kami akan cari. Penyebar hoaks harus mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Kapolda Papua Irjen Polisi Rudolf A Rodja di Abepura, Kota Jayapura, Senin (23/9/2019).

BACA JUGA:

Kerusuhan di Wamena Dipicu Ucapan Rasis Guru SMA, Kapolda Pastikan Itu Hoaks

Kerusuhan Pecah di Wamena Papua, Massa Pelajar Bakar Rumah dan Kantor Pemerintah

Massa yang terdiri atas para pelajar menggelar demonstrasi di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Aksi itu berlangsung anarkistis. Massa yang terprovokasi membakar rumah-rumah warga, kantor pemerintahan dan sejumlah fasilitas. Sejumlah kendaraan juga turut dibakar massa.

“Yang saya baru terima informasi soal sejumlah unit motor yang terbakar di Wamena akibat aksi demo solidaritas,” katanya.

Ketika ditanya soal fasilitas umum dan Bandara Wamena dirusak pendemo, mantan Kapolda Papua Barat itu mengaku belum menerima laporan. “Yang itu belum yah, saya belum terima,” katanya.

Demonstrasi terjadi di sejumlah lokasi di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada Senin. Berdasarkan informasi lapangan yang diterima di Kota Jayapura, sejumlah fasilitas umum seperti perkantoran dibakar oleh oknum pendemo yang sebagian besar para pelajar dan anak muda.


Editor : Maria Christina