Polisi: Rata-Rata Pelaku Kriminal di Jayawijaya Masih di Bawah Umur

Antara ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 02:15 WIB
Polisi: Rata-Rata Pelaku Kriminal di Jayawijaya Masih di Bawah Umur

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAYAPURA, iNews.id - Polres Jayawijaya menyebutkan banyak pelaku tindak kriminal yang ditangkap masih di bawah umur. Mereka dinilai tak mendapat perhatian orang tua, sehingga mendapat pengaruh buruk dari teman-temannya.

Kasat Reskrim Polres Jayawijaya, AKP Suheriadi mengatakan, pelaku tindak kriminal yang diamankan dari beberapa kasus, umumnya masih di bawah umur.

"Baik kasus pencurian sepeda motor, pencurian dengan kekerasan, biasa itu banyak kita temukan masih anak-anak," kata Suheriadi kepada wartawan di Mapolres Jayawijaya, Papua, Senin (12/8/2019).

Menurut dia, aksi kriminal tersebut diduga karena anak-anak tersebut tidak mendapat perhatian dari orang tua. Mereka terpaksa melakukan tindak kejahatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, khususnya makan.

"Hanya untuk bertahan hidup. Hasil yang didapatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti makan, rokok, pinang," katanya.

Dia mengatakan, jika polisi menangkap anak-anak yang terlibat tindak pidana, petugas akan mengundang orang tuanya. Lalu memberikan pemahaman kepada anak bersangkutan.

Polisi mengharapkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayawijaya lebih intensif mengimbau orang tua untuk melindungi anak-anak.

"Sebab kita Reskrim sifatnya represif penindakan. Tidak mengemban secara penuh fungsi imbauan," katanya.

Walau lebih kepada penindakan, Suheriadi mengatakan, Binmas Polres juga memberikan sosialisasi kepada orang tua agar memperhatikan anak-anak mereka.

"Tujuannya agar anak-anak tidak menjadi pelaku tindak kriminal," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal