Ricuh di Kota Sorong Papua, Dandim: Situasi Sudah Aman Terkendali

Chanry Andrew Suripatty, Antara ยท Selasa, 26 November 2019 - 21:59 WIB
Ricuh di Kota Sorong Papua, Dandim: Situasi Sudah Aman Terkendali

TNI AD mengerahkan 2 SST pasukan untuk mengendalikan situasi di Kota Sorong, Papua yang sempat ricuh. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

SORONG, iNews.id - Situasi di Distrik Klademak, Kota Sorong, Papua yang sempat ricuh berangsur-angsur kondusif.

Komandan Kodim 1802 Sorong, Letkol Inf Budiman mengatakan, TNI AD menurunkan dua pasukan satuan setingkat peleton (SST) untuk membantu pihak kepolisian mengendalikan situasi bentrok.

“Situasi sudah aman dan kami akan berkomunikasi dengan pemerintah daerah untuk duduk bersama guna membicarakan penyelesaian masalah kedua kelompok warga tersebut hingga tuntas," ujar Dandim, Selasa (26/11/2019).

BACA JUGA: Kota Sorong Rusuh, 9 Rumah Dibakar, 1 Warga Tewas

Kericuhan di Distrik Klademok, Sorong itu mengakibatkan sejumlah rumah rusak. Peristiwa itu diduga dipicu perkelahian dua kelompok remaja dan meluas hingga terjadi bentrok dua kelompok masyarakat.

“Awalnya perkelahian dua kelompok remaja klademak yang bermain meriam karbit yang berujung hingga saling serang dan merusak rumah," kata Kapolres Sorong Kota, AKBP Mariochristy PS Siregar.

Dia mengatakan, aparat kepolisian bersama TNI telah mengendalikan situasi kawasan bentrok kompleks Klademak Yohan agar tidak lagi saling serang.

Menurut kapolres, pihak kepolisian telah mengamankan seorang pelaku yang diduga memicu bentrok guna diperiksa untuk proses hukum lebih lanjut.

“Kami mengharapkan masyarakat tenang tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar serta tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis yang nanti merugikan," ujarnya.


Editor : Kastolani Marzuki