Sambut Presiden Jokowi, 1.000-an Warga Jayapura Tumpah Ruah Sepanjang Pantai Hamadi

Antara ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 13:55 WIB
Sambut Presiden Jokowi, 1.000-an Warga Jayapura Tumpah Ruah Sepanjang Pantai Hamadi

Jalan menuju arah Jembatan Merah Putih Youtefa, Kota Jayapura, Papua yang akan diresmikan Presiden Jokowi. (ANTARA/ Alfian Rumagit)

JAYAPURA, iNews.id – Seribuan warga tumpah ruah dan berjejer di sepanjang bibir Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua (28/10/2019). Kehadiran mereka untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan meresmikan jembatan penghubung Distrik Jayapura Selatan dan Muara Tami.

Pantauan di lapangan, tampak ratusan anak sekolah memegang bendera merah putih kecil. Selain itu, ratusan kendaraan roda empat dan roda dua berjejer rapi di bahu jalan menuju Jembatan Merah Putih Youtefa. Sementara aparat keamanan TNI dan Polri terlihat mengatur kelancaran arus lalu lintas dan tamu undangan yang mulai berdatangan.

Salah satu tamu yang terlihat di antaranya mantan Plt Gubernur Papua Constan Karma, anggota DPRP Emus Gwijangge, Ketua LMA Port Numbay dan sejumlah tokoh pemuda, perempuan, adat serta tokoh agama.

BACA JUGA: Panglima TNI Tinjau Jembatan Holtekamp di Jayapura yang Diresmikan Presiden Jokowi Senin

"Jembatan ini begitu fenomenal, terima kasih Pak Jokowi," kata Richard Mayor, seorang tokoh pemuda di Kota Jayapura.

Diketahui, Jembatan Youtefa dibangun sejak 2015. Saat itu peletakan batu pertama dilakukan Presiden Jokowi saat masih menjabat sebagai Presiden periode 2014-2019.

Pembangunan jembatan yang berada di atas Teluk Youtefa tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp1,8 triliun. Panjang bentang utama Jembatan Youtefa mencapai 732 meter dan menghubungkan kawasan utama Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami. Sementara untuk panjang jembatan mencapai 10 kilometer dan lebar 21 meter.


Editor : Donald Karouw