Satgas Pamtas Yonif 328 Tangkap Warga Lokal Bawa Ratusan Bibit Ganja Siap Tanam

Irfan Ma'ruf ยท Minggu, 07 Juli 2019 - 11:09 WIB
Satgas Pamtas Yonif 328 Tangkap Warga Lokal Bawa Ratusan Bibit Ganja Siap Tanam

Anggota Satgas Pamtas Yonif 328/Dgh saat mengamankan seorang warga yang kedapatan membawa bibit ganja siap tanam di perbatasan Papua-PNG. (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id – Seorang warga Waris di Kabupaten Keerom, Papua, ditangkap anggota Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 328/Dgh karena membawa narkoba jenis ganja. Identitas warga yang diamankan yakni Gabriel Sal (32), warga lokal setempat.

Dansatgas Pamtas Yonif 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal saat sweeping kendaraan yang melintas di jalan poros Keerom, tepatnya di depan Pos Komando Taktis (Pos Kotis). Saat itulah terduga pelaku melintas yang langsung diberhentikan anggota dan diperiksa.

“Saat sweeping, personel mengamankan seorang pria paruh baya. Dia kedapatan membawa bibit ganja yang disembunyikan dalam bungkusan tas plastik hitam,” ujar Erwin, Jumat (5/7/2019).

BACA JUGA: Pesawat CN 235 MPA dari Skuadron 27 TNI AU Dikerahkan Cari Heli yang Hilang

Hasil pemeriksaan, pelaku mengaku jika bibit ganja itu dia peroleh dari seorang teman di Papua Nugini (PNG). Total ada 128 bibit ganja yang siap tanam dengan berat 15 gram.

“Rencananya, pelaku akan menanam ganja ini di Waris untuk dijual kembali,” katanya.

Dansatgas mengungkapkan, walau mendekati akhir penugasan, jajarannya terus konsisten melaksanakan pencegahan serta peredaran barang terlarang dan ilegal. Khususnya terhadap setiap orang yang datang ke wilayah perbatasan.

Wilayah perbatasan ini kerap dijadikan tempat untuk mengedarkan narkoba, baik dari Indonesia ke PNG ataupun sebaliknya. Para pelaku kerap melancarkan berbagai modus untuk mengelabui petugas.

“Saya selalu tekankan kepada jajaran untuk teliti saat melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan warga yang melintas perbatasan. Tidak tertutup kemungkinan para pelintas batas ini sengaja memanfaatkan situasi dan menunggu kelengahan anggota,” ucap alumni Akmil 2002 tersebut.

Mayor Inf Erwin Iswari menuturkan, selama bertugas di perbatasan, jajarannya telah mengamankan sebanyak 21.067 gram ganja. Satgas akan terus berkoordinasi dengan stakeholder perbatasan (Pospol Skouw, Imigrasi, Bea Cukai) dan juga tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama serta BNN Kota Jayapura dalam memberantas narkoba karena sangat berbahaya bagi generasi bangsa.

"Saat ini pelaku dan barang bukti sudah kami serahkan ke Pospol Skouw Batas untuk diproses lebih lanjut,” tuturnya.


Editor : Donald Karouw