Satgas Yonif 725 Ajari Pelajar SMP di Keerom Papua Operasionalkan Komputer

Irfan Ma'ruf ยท Sabtu, 25 Mei 2019 - 01:06 WIB
Satgas Yonif 725 Ajari Pelajar SMP di Keerom Papua Operasionalkan Komputer

Anggota Yonif 725/Woroagi Pos Yuruf saat menjadi tenaga pendidik materi komputer ke para siswa SMP di Keerom, Papua. (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id – Ada yang berbeda dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 2 Web, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Jayapura, Papua. Saat pelajaran materi komputer, para siswa mendapat bimbingan dari anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi Pos Yuruf.

Adalah Sersan Dua (Serda) Edwin dari Pos Yuruf yang tampil menjadi tenaga pendidik (Gadik) materi praktik komputer. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi pelajar di perbatasan.

Dansatgas Yonif 725/Wrg Letkol Inf Hendry Ginting S mengatakan, pemberian pengetahuan tentang komputer sangat diperlukan untuk menunjang para generasi muda bangsa di era globalisasi saat ini.

“Pengetahuan Komputer penting untuk menunjang siswa dan siswi agar dapat bersaing di zaman modern saat ini. Prajurit kami Serda Edwin, membantu mereka dengan mengajarkan materi komputer kepada pelajar SMPN 2 Web,” ujarnya, Jumat (24/5/2019).

Hendry menjelaskan, zaman semakin ke depan akan kian maju dan canggih. Pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK), khususnya komputer sangat diperlukan serta penting untuk diajarkan kepada anak-anak murid, utamanya pada tingkatan SMP.

Harapannya melalui kegiatan ini, para siswa-siswi SMPN 2 Web tidak kalah dengan pelajar dari daerah lain.

“Saat ini pelajar SMP minimal harus tahu tentang dasar-dasar mengoperasionalkan komputer,” katanya.

Sementara Komandan Pos Yuruf Lettu Inf Herman menjelaskan, bantuan tenaga pendidik (Gadik) merupakan kepedulian TNI, khususnya Satgas Yonif 725/Woroagi kepada dunia pendidikan yang berada di wilayah perbatasan. Apalagi kondisi sekolah tersebut kekurangan prasarana perlengkapan komputer ataupun laptop untuk memberikan materi pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi.

“Ini bentuk kepedulian satgas terhadap generasi muda di tempat kami bertugas saat ini,” ucapnya.

Dalam kegiatan praktik komputer tersebut, Serda Edwin memberikan materi dasar komputer yaitu cara mengoperasionalkan penggunaan Microsoft Office, baik itu exel, power point serta microsoft word yang biasa digunakan.

“Kami ajarkan mereka dasar-dasar komputer dan cara menggunakan Microsoft Office,” katanya.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, seorang guru Agus Irianto mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasinya kepada Satgas Yonif 725/Wr. Keberadaan TNI sangat membantu dan telah tulus bersedia mendukung pendidikan memberikan pengetahuan tentang ilmu teknologi khususnya operasional komputer maupun laptop.

"Kami berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi murid di sini untuk menghadapi perkembangan zaman ke depan," tuturnya.


Editor : Donald Karouw