Sebulan Diburu, Buaya 1 Ton Pemangsa Manusia Ditangkap Warga Sorong

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 11:16 WIB
Sebulan Diburu, Buaya 1 Ton Pemangsa Manusia Ditangkap Warga Sorong

Buaya pemangsa manusia sepanjang 4 meter dengan berat kurang lebih 1 ton yang ditangkap warga Sorong Selatan, Papua Barat. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

TEMINABUAN, iNews.id – Perburuan selama sebulan lebih terhadap buaya pemangsa manusia di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, membuahkan hasil. Warga Kampung Bagasa, Distrik Wayer, menangkap buaya sepanjang 4 meter dengan berat kurang lebih 1 ton di daerah Kampung Sungguer, Senin (11/2/2019).

Informasi yang dirangkum iNews, kejadian tragis ini bermula saat seorang warga bernama Ester Howay dilaporkan hilang. Keterangan keluarga yakni Yeheskel Lek dan Dedy Neymar, korban diserang buaya saat berada di lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) di Kampung Sungguer pada 4 Januari 2019 silam.

"Korban dimangsa buaya saat turun ke Kali Sungguer, tepatnya di tempat pembuangan sampah," ujar Dedy Neymar kepada iNews, Senin (11/2/2019) malam.

BACA JUGA: 15 Kabupaten di Papua Rawan Konflik Bersenjata saat Pemilu

Atas kejadian itu, keluarga korban tidak terima dan berusaha mencari keberadaan buaya pemangsa manusia tersebut. Usaha itu pun berhasil, buaya itu akhirnya ditemukan setelah pencarian selama sebulan lebih. Buaya itu ditangkap Yeheskhel Iek dan Baltasar Aifufu, di lokasi yang sama, yakni di Kali Sangguer, dekat TPA.

"Mungkin saat itu buaya sedang lapar dan mencari makan di Kali Sungguer. Saat kami lih, buaya itu langsung kami kepung dan tangkap menggunakan tali dan peralatan seadanya,” ujar Dedy Neymar.

Usai ditangkap, buaya itu langsung diarak menuju rumah korban di Kampung Bagaraga oleh warga sekitar. Keluarga sempat histeris ketika buaya memuntahkan pakaian milik Ester Howay dari dalam perutnya.


Editor : Donald Karouw