Suara Jokowi-Ma’ruf Amin Nyaris Sentuh 100% di Pegunungan Arfak Papua Barat

Antara · Selasa, 07 Mei 2019 - 20:26 WIB
Suara Jokowi-Ma’ruf Amin Nyaris Sentuh 100% di Pegunungan Arfak Papua Barat

Pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. (Foto: dok iNews)

MANOKWARI, iNews.id – Pasangan calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin menang telak di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat. Bahkan, perolehan suaranya nyaris mencapai 100%, jauh meninggalkan Prabowo-Sandi yang hanya meraih 1,2% suara.

Dalam rapat pleno rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat di Manokwari, tercatat Jokowi-Ma’ruf Amin meraih 32.131 suara. Sementara pasangan Prabowo-Sandi mendapat 389 suara.

Jokowi-Ma'ruf juga menang di dua kabupaten lainnya, yakni Teluk Wondama dan Raja Ampat. Di Teluk Wondama, pasangan nomor urut 01 meraih 16.966 suara, sedangkan nomor urut 02 memperoleh 2.339 suara.

Di Raja Ampat, pasangan petahana juga unggul dengan perolehan dukungan 27.295 suara, dibanding pesaingnya yang meraih 8.817 suara.

BACA JUGA: Rekapitulasi Suara, Jokowi-Ma'ruf Unggul di 27 Kecamatan di Kota Surabaya

"Rekapitulasi ini berjalan secara berjenjang dari TPS, PPD, KPU kabupaten hingga provinsi. Kami berharap kalau ada persoalan sudah diselesaikan dari tingkat bawah," ujar Ketua KPU Papua Barat Amus Atkana, Selasa (7/5/2019).

KPU Papua Barat baru memulai pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019. Hingga saat ini, baru tiga kabupaten yang melaporkan hasil pemungutan suaranya.

"Belum semua KPU menuntaskan hasil rekapitulasinya. Di provinsi mulai dari yang sudah ada dulu, yang lain menyusul masih ada waktu hingga 12 Mei 2019," katanya.

Amus bersyukur, pleno rekapitulasi sejauh ini berjalan lancar. Tidak banyak interupsi selama pleno berlangsung. Setelah Teluk Wondama, Raja Ampat dan Pegunungan Arfak, masih ada 10 kabupaten dan kota yang harus diplenokan. Harapannya, semua dapat selesai tepat waktu.


Editor : Donald Karouw