Terjebak Banjir 1,5 Meter, Warga Keerom Papua Dievakuasi Satgas Yonif

Kastolani ยท Selasa, 19 Maret 2019 - 21:35 WIB
Terjebak Banjir 1,5 Meter, Warga Keerom Papua Dievakuasi Satgas Yonif

Satgas Yonif PR 328/DGH mengevakuasi warga Koya Karang, Keerom, Papua yang terjebak banjir setinggi 1,5 meter. (Foto: Dispenad)

JAKARTA, iNews.id - Personel Satgas PR 328/DGH berhasil menyelamatkan warga yang terjebak banjir luapan Sungai Tami setinggi 1,5 meter di Kampung Koya Karang, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari mengatakan, tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir menyebabkan Sungai Tami meluap dan membanjir empat rumah warga. Banjir tersebut sudah terjadi sejak Senin (18/3/2019).

“Akibat banjir beberapa warga masyarakat Koya Karang mengungsi sementara waktu ke tempat yang lebih aman. Kemudian tim Evakuasi Satgas berupaya memastikan penghuni rumah tersebut sudah tidak berada dalam rumahnya,’’ ujarnya di Papua, Selasa (19/3/2019).

Erwin mengaku memerintahkan personel dari Pos Skamto pimpinan Sertu Andi untuk mencari dan mengevakuasi warga terdampak banjir di Kabupaten Keerom.

Sertu Andi menuturkan, beberapa warga yang terjebak banjir sudah dievakuasi Satgas Yonif PR 328 yang langsung bergerak ke lokasi setelah mendapat perintah dari pimpinan. “Secara perlahan kita tuntun mereka menyusuri banjir sampai ke tepian, beruntung semuanya dapat diselamatkan,” ujar Sertu Andi.

BACA JUGA: Dramatis, Anggota TNI Evakuasi Bayi 6 Jam Terjepit Kayu di Sentani

Tokoh masyarakat Kampung Yowong Yeskia Ayorbaba mengakui, kawasan Koya Karang merupakan daerah yang sering dilanda banjir karena berada di seputaran Sungai Tami.

“Jadi kalau sudah hujan lebih dari satu hari sudah pasti wilayah kawasan Koya Karang banjir, apalagi jika Sungai Tami di Jembatan Skamto sudah tidak dapat menampung air sudah pasti air naik hingga banjir,” ujarnya.

 

 


Editor : Kastolani Marzuki