Tingkatkan Kerukunan, Masyarakat Hindu di Raja Ampat Bagikan Takjil

Chanry Andrew Suripatty ยท Minggu, 26 Mei 2019 - 07:25 WIB
Tingkatkan Kerukunan, Masyarakat Hindu di Raja Ampat Bagikan Takjil

Seorang warga menerima takjil dari pemeluk agama Hindu di Papua Barat yang tergabung dalam PHDI. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

RAJA AMPAT, iNews.id - Masyarakat Hindu di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, membagi-bagikan takjil ke umat Islam jelang waktu berbuka puasa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerukunan antarumat beragama.

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) cabang Raja Ampat, I Dewa Nyoman Adi Wrastama mengatakan, kegiatan pembagian takjil ini berlokasi di bundaran, depan Pos Polisi Lantar Waisai.

"Tujuannya untuk mempererat silaturahmi antarumat beragama di Indonesia, khususnya di Kabupaten Raja Ampat," kata Nyoman kepada wartawan, Sabtu (26/5/2019).

Menurut dia, aksi ini merupakan bentuk solidaritas antarumat beragama di Indonesia. Harapannya, kerukunan dapat terus terjaga meski masyarakat satu sama lain berbeda keyakinan.

Dia berharap takjil yang dibagi-bagikan PHDI ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa. Apalagi mereka yang sedang dalam perjalanan, dan khawatir menunda waktu berbuka puasa.

"Berbagi takjil ini bentuk kami menghargai umat Islam yang sedang berpuasa. Kami tidak melihat perbedaan, karena semua melihat dari sisi sosial untuk saling berbagi," kata dia.

Sementara itu, seorang warga Raja Ampat, Anwar, mengucapkan terima kasih atas takjil yang dibagikan PHDI. Dia bersyukur dengan camilan berbuka puasa yang diberikan, karena saat ini dia sedang dalam perjalanan pulang ke rumah.

"Baru kali ini ada takjil dari umat Hindu, sebelumnya tidak ada. Kami sangat berterima kasih dengan begini kerukunan agama pasti akan selalu terjaga," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal