Truk Brimob Polda Papua Ditabrak Minibus di Timika, 1 Tewas dan 8 Terluka

Antara ยท Selasa, 13 Agustus 2019 - 19:03 WIB
Truk Brimob Polda Papua Ditabrak Minibus di Timika, 1 Tewas dan 8 Terluka

Ilustrasi tabrakan. (Foto: Istimewa)

TIMIKA, iNews.id – Truk Batalyon B Brimob Polda Papua terlibat kecelakaan di Jalan Baru Timika, Selasa (13/8/2019) pagi. Kendaraan yang memuat delapan personel ditabrak minibus dari arah berlawanan. Akibat kejadian ini, seorang penumpang minibus tewas dan 8 anggota Brimob luka-luka.

Kedelapan anggota Brimob Batalyon B Polda Papua tersebut kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika. Sementara sopir minibus diamankan, tiga penumpangnya kabur dan seorang meninggal di lokasi kejadian.

Pelaksana Tugas Kasat Lantas Polres Mimika AKP Handoyo Prasetyo mengatakan, kecelakaan lalu lintas di Jalan Baru Timika melibatkan truk bernomor polisi 2603-17 milik Batalyon B Brimob Polda Papua yang dikemudikan Hanik Haisam Muda. Sementara minibus Avanza putih berpelat nomor DS 1115 FRP dibawa Vincent Beanal.

"Korban meninggal atas nama Petrus Beanal dievakuasi ke RSUD Mimika. Sementara delapan anggota Brimob Batalyon B Mimika dirawat intensif di RSMM Timika karena mengalami luka-luka," ujar AKP Handoyo, didampingi Kaur Bin Ops Satlantas Polres Mimika Ipda Devrizal, Selasa (13/8/2019).

Dia menjelaskan, kronologi kejadian berawal saat truk Brimob Batalyon B Polda Papua bergerak dari arah Jalan Cenderawasih menuju Bandara baru Mozes Kilangin Timika. Truk membawa delapan personel yang hendak diberangkatkan menuju Ilaga, Kabupaten Puncak.

Setiba di Jalan Baru, dari arah berlawanan muncul minibus yang melaju keluar jalur. Minibus itu langsung menabrak truk Brimob yang melintas di sisi kiri jalan.

"Pengemudi truk berusaha menghindar, namun karena jaraknya sangat dekat maka kecelakaan pun tak terhindarkan. Minibus menabrak bagian depan sehingga truk terguling. Kedua kendaraan rusak berat," katanya.

Diketahui, minibus tersebut mengangkut empat penumpang. Di antaranya Daniel Beanal, Aldo Jamang dan seorang yang belum diketahui identitasnya. Saat ini sopir minibus sudah diamankan di Polsek Mimika Baru untuk diminta keterangan.

Hasil olah TKP, dari dalam minibus ditemukan beberapa kaleng minuman beralkohol.

"Kami menduga pengemudi dan penumpang minibus dalam kondisi dipengaruhi alkohol. Sebelum kejadian itu, mobil tersebut sempat menyerempet warga di lokasi bandara baru lalu kemudian melarikan diri ke arah Jalan Baru," katanya.


Editor : Donald Karouw