Viral, Anggota Polres Jayapura Interogasi Terduga Pencuri Pakai Ular

Edy Siswanto ยท Senin, 11 Februari 2019 - 11:49 WIB
Viral, Anggota Polres Jayapura Interogasi Terduga Pencuri Pakai Ular

Ilustrasi video viral. (Foto: iNews).

JAYAPURA, iNews.id - Polda Papua menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat setelah viral-nya aksi anggota Polres Jayawijaya menginterogasi pelaku pencurian dengan ular. Ulah oknum kepolisian tersebut mendapat kecaman keras dari publik dan netizen.

"Kapolres (Jayawijaya) sudah meminta maaf atas ketidakprofesionalan anggotanya dalam mengungkap kasus tersebut," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Senin (11/2/2019).

Video berdurasi 1 menit 21 detik ini sempat viral di media sosial dan aplikasi berpesan whatsapp. Tampak seorang anggota kepolisian menginterogasi pelaku pencurian dengan menggunakan ular yang dililitkan pada tubuh pelaku.

Menurut Ahmad, pelaku ini tak kooperatif dalam memberikan keterangan kepada polisi. Karena itu, anggota di Polres Jayawijaya pun menakut-nakutinya dengan ular supaya dia mengakui perbuatannya, karena banyak juga saksi dalam aksi pencurian tersebut.

"Memang hasilnya positif, tersangka ini mengaku," ujar dia.

Meski publik geram melihat cara interogasi tersebut, namun polisi memastikan ular tersebut tidak berbahaya, atau sudah jinak. Sebagai bentuk sanksinya, kini petugas Bripda TMP yang menyelidiki kasus pencurian itu, sedang dalam proses pemeriksaan Propam Polda.

"Saat ini Bripda TMP masih dalam pemeriksaan oleh Propam Polda Papua, jika terbukti melanggar akan diproses sesuai dengan peraturan disiplin anggota Polri atau kode etik profesi," kata dia.

Dia dianggap tidak profesional dalam melakukan tugasnya. Selain Polres Jayawijaya, Polda Papua pun meminta maaf kepada seluruh warga di provinsi tersebut, atas kelakuan oknum anggotanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal