Viral, Video Warga Raja Ampat Tunggangi Penyu Belimbing

Chanry Andrew Suripatty ยท Minggu, 07 Juli 2019 - 17:45 WIB
Viral, Video Warga Raja Ampat Tunggangi Penyu Belimbing

Video viral warga Raja Ampat menunggangi Penyu Belimbing. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

WAISAI, iNews.id - Aksi sejumlah warga di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, tengah ramai menjadi perbincangan publik, Minggu (7/7/2019). Video mereka menunggangi punggung penyu viral di media sosial.

Ada dua video, masing-masing berdurasi satu menit 40 detik, dan dua menit 20 detik. Terlihat dua orang dewasa dari salah satu kampung di Raja Ampat asyik menunggangi punggung Penyu Belimbing.

Dari penelusuran iNews.id, lokasi pengambilan video tersebut berada di kampung Asukweri, Distrik Waigeo Utara, Kabupaten Raja Ampat. Penyu tersebut baru saja bertelur di atas pasir pantai di wilayah tersebut.

Video tersebut kemudian mendapat reaksi keras dari netizen di laman Facebook. Selain itu, para penggiat pariwisata dan konservasi pun mengkritiknya karena dianggap sangat menyiksa hewan langka.

"Hewan langkah ini terindikasi hewan purba dan akan mengalami kepunahan. Tolong jaga baik-baik dan lestarikan penyu ini," kata netizen, Awom AZ Seram.

Menurut dia, ada dua lokasi pantai di Raja Ampat yang menjadi lokasi penyu bertelur. Namun, untuk Penyu Belimbing sangat jarang dijumpai, hanya saat musimnya saja.

Netizen lainnya, Eb Penjelajah Papua menilai, masyarakat Raja Ampat Papua Barat harusnya bangga, karena masih bisa melihat Penyu Belimbing bertelur.

"Masyarakat harus menjaganya, tidak melakukan hal-hal yang membuat penyu tersebut tertekan, seperti adegan-adegan video di atas," ujar dia.

Dia menyarankan agar para penggiat konservasi untuk mendatangi kampung warga di Distrik Waigeo Utara, untuk memberikan sosialisasi ke masyarakat sekitar. Karena mereka dinilai belum paham.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal