Warga Geram, Kapal Turis Tabrak Karang di Perairan Freewen Raja Ampat

Chanry Andrew Suripatty ยท Minggu, 10 Maret 2019 - 08:08 WIB
Warga Geram, Kapal Turis Tabrak Karang di Perairan Freewen Raja Ampat

Kapal layar yang bawa wisatawan asing saat ditahan warga karena menabrak karang di Perairan Freewen, Raja Ampat. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

WAISAI, iNews.id – Sebuah kapal wisata yang membawa belasan turis menabrak terumbu karang di Perairan freewen, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Sabtu (9/3/2019). Akibatnya, karang hidup di lokasi penyelaman itu mengalami kerusakan.

Dalam kejadian itu, warga setempat merespons dengan menahan kapal layar jenis yarcht yang merupakan milik warga negara Filipina. Mereka geram karena kapal tersebut telah merusak ekosistem di perairan setempat.

Warga marah dan mengejar kapal turis tersebut kemudian menahannya. Mereka selanjutnya melaporkan ke Polres Raja Ampat untuk menempuh jalur hukum.

"Kami marah dan sempat kejar kapal tersebut lalu kami tahan. Karena tidak punya kewenangan menahan kapal, kami langsung laporkan kejadian ini ke Polres Raja Ampat agar ada proses hukum," ujar Sem, warga Kampung Freewen.

Peristiwa kerusakan terumbu karang akibat ditabrak kapal wisata ini sempat viral di media sosial (medsos) setelah di-unggah seorang warganet. Mereka mengecam kelalaian hingga kapal merusak terumbu karang.

Kapolres Raja AmpatAKBP Edy Setyanto Erning yang dikonfirmasi membenarkan terjadinya peristiwa tersebut. Setelah menerima laporan masyarakat, dia langsung langsung menurunkan anggota ke lokasi kejadian.

"Anggota kami (Polres Raja Ampat) telah turun ke tempat kejadian perkara. Kami masih menghimpun data-data lapangan untuk penyelidikan lebih lanjut," ujarnya.


Editor : Donald Karouw