WNA Amerika Tewas di Raja Ampat

Chanry Andrew Suripatty ยท Senin, 24 September 2018 - 07:59 WIB
WNA Amerika Tewas di Raja Ampat

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

WAISAI, iNews.id – Seorang turis asal Amerika bernama Allen Drage (70) tewas saat menginap bersama isteri Lhim This Kim (45), dalam kamar resort ECO Misool, di Distrik Misool Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kejadian itu terjadi pada Jumat (21/9/2019), namun baru terkonfirmasi Minggu (23/9/2018) malam.

Informasi yang himpun iNews, almarhum Allen Drage sedang berlibur bersama isterinya di Raja Ampat. Mereka memegang paspor kunjungan wisata dengan nomor 507011571 dan 507845910. Tercatat, keduanya merupakan warga negara Amerika serikat (AS).

Keterangan isterinya, pagi hari sebelum ditemukan meninggal korban mengeluhkan demam serta sakit flu dan sempat meminum obat Aspirin. Selanjutnya korban sarapan pagi seperti biasa dan meneruskan pekerjaannya di Dive canter.

Malam harinya saat terjaga dari istirahat, isteri korban melihat bahwa tubuh suaminya kebiru-biruan. Dia coba mengangkat wajahnya namun korban sudah tidak merespons. Selanjutnya saksi memanggil security resort dan Manager ECO Misool Mark Atkisnton.

BACA JUGA: Kedapatan Bekerja di Perusahan dengan Visa Kunjungan, 3 WNA Diciduk

“Mereka kemudian melakukan pertolongan pertama (CPR) terhadap korban dengan menggunakan alat pemicu Jantung (AED), namun alat itu sudah tidak merekam sama sekali aktivitas jantung korban,” kata sumber resmi yang diterima iNews.

Pihak resort kemudian meminta bantuan kepada salah seorang tamu Miss Ceri yang berprofesi sebagai dokter di Amerika untuk membantu CPR. Sekali lagi usaha tersebut sia-sia karena tidak ada respon dari korban. Setelah di teliti, korban dinyatakan telah meninggal dunia.

Selanjutnya pada Sabtu (22/9/2018) pukul 12.55 WIT, jenasah dibawa dari Misool ke kota Sorong dengan menggunakan speedboat perusahan. Korban dan keluarganya serta pihak resort dikawal seorang anggota polisi. Selanjutnya, jenazah dibawa ke Rumah Sakit (RS) Sele Besolu untuk dilakukan observasi dan tidakan medis.

Hingga saat ini pihak rumah sakit belum memberikan keterangan penyebab kematian korban. Rencana Korban akan dikirim ke negara asalnya di Amerika setelah berkoordinasi dengan kedutaan besar Amerika di Jakarta. Istri korban menolak dilakukan autopsi dengan membuat surat pernyataan. Sementara Polres Raja Ampat hingga berita ini diturunkan belum dapat di konfirmasi terkait kematian turis asing asal Amerika tersebut.


Editor : Donald Karouw