2 Bangkai Dugong Ditemukan Mengambang di Perairan Dumai

Banda Haruddin Tanjung ยท Minggu, 13 Januari 2019 - 08:36 WIB
2 Bangkai Dugong Ditemukan Mengambang di Perairan Dumai

Bangkai dugong yang ditemukan mati di Perairan Dumai, Riau. (Foto: Okezone/Banda Haruddin Tanjung)

DUMAI, iNews.id – Dalam sepekan terakhir, dua ekor duyung atau dugong ditemukan mengambang di Perairan Dumai, Provinsi Riau. Diduga, kematian hewan mamalia ini air akibat pencemaran air laut.

Informasi yang dirangkum, dugong tersebut ditemukan di dua lokasi berbeda. Yakni di Pantai Puak dan Pulai Pungguk Indah. Bangkai satwa dilindungi dievakuasi oleh warga setempat.

"Diduga Dugong itu terbawa arus dari Selat Malaka," kata seorang anggota LSM Pecinta Alam Umah Pumpu  Dika Cahaya Putra, Sabtu (12/1/2019).

BACA JUGA:  Polisi dan BKSDA Sumut Tangkap Penjual Satwa Dilindungi di Deliserdang

Dia mengatakan, dugong selama banyak dugong hidup di Selat Malaka, tepat nya di perbatasan Perairan Riau dengan Malaysia. Dari ciri fisik di tubuh bangkai tersebut, tidak ditemukan bekas luka.

"Jadi kemungkinan matinya dugong itu akibat pencemaran limbah yang banyak ditemukan di Perairan Dumai," ujarnya.

Kematian dugong itu merupakan hal yang pertama di Perairan Dumai. Dia berharap agar semua pihak dapat menyelamatkan habitatnya. "Dugong merupakan satwa langka yang habitatnya terancam dari kepunahan," tuturnya.

Diketahui, dugong merupakan jenis mamalia laut yang termasuk satwa dilindungi berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya, serta UU Nomor 31 tentang Perikanan.


Editor : Donald Karouw