Menuju Pilkada, Cagub Jatim Perhatikan Pelaku Usaha Kecil

iNews Siang ยท Rabu, 28 Maret 2018 - 19:40 WIB
Menuju Pilkada, Cagub Jatim Perhatikan Pelaku Usaha Kecil

Ngawi, iNews.id - Kerajinan khas masyarakat menjadi potensi yang bila dikembangkan dapat berpengaruh pada perekonomian. Ditambah kreativitas untuk membuat inovasi membantu bersaing hingga ke mancanegara. Hal itu menjadi perhatian para calon kepala daerah di Jawa Timur.

Sentra kerajinan Kayu Jati Ngawi, Jawa Timur, kini makin dikenal masyarakat. Berbagai hasil produksi perajin kayu jati dipamerkan dalam sejumlah showroom yang ada di sepanjang Jalan Raya Surabaya - Solo.

Dari limbah kayu jati yang tidak dipakai, para perajin mampu berkreasi menciptakan berbagai souvenir menarik. Mulai dari hasil kerajinan asbak, hiasan dinding senilai puluhan juta rupiah.

Hasil produksi kerajinan Kayu Jati Ngawi saat ini telah menembus pasar internasional. Sayang, keterbatasan modal menjadi halangan bagi perajin kayu jati memenuhi tingginya pesanan yang datang dari dalam dan luar negeri.

Hal ini disampaikan perajin kepada Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa saat berkunjung ke sentra produksi kerajinan kayu jati Ngawi. Khofifah berjanji akan mempermudah akses bagi pelaku usaha kerajinan kayu jati untuk mendapatkan tambahan modal kerja.

Sementara itu, kepedulian terhadap usaha kecil dan menengah ditunjukkan Cagub Jawa Timur nomor urut 2 Saifullah Yusuf, saat mengunjungi sentra batik tulis dan ukiran khas Madura di Desa Pakandangan Barat, Kabupaten Sumenep.

Gus Ipul berjanji akan memasukkan pengembangan batik ke dalam program pemberdayaan ekonomi kreatif yang diusung untuk kemajuan Jawa Timur ke depan.

Pemberdayaan ekonomi kreatif dan peduli terhadap pelaku usaha kecil menengah menjadi salah satu prioritas yang di usung dua Cagub Jawa Timur yang akan berlaga di Pilkada 2018.

Program ini diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan perekonomian warga Jawa Timur.

Video Editor: Khoirul Anfal


Editor : Dani Dahwilani