Patah As Mesin, Kapal Nelayan Hilang Terombang-Ambing di Manado Tua

Cahya Sumirat ยท Jumat, 14 September 2018 - 10:57 WIB
Patah As Mesin, Kapal Nelayan Hilang Terombang-Ambing di Manado Tua

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id – Sebuah kapal nelayan dilaporkan hilang terombang-ambing di perairan sekitar Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara (Sulut) Jumat (14/9/2018). Kapal yang memuat tiga anak buah kapal (ABK) itu hingga saat ini belum diketahui keberadaannya, termasuk nasib ketiga nelayan tersebut.

Informasi yang dirangkum iNews, kejadian ini diketahui saat salah seorang kerabat nelayan menghubungi kepala Desa Borgo Temmy Rompas dan menginformasikan terjadinya dugaan kecelakaan laut itu pada pukul 08.00 Wita.

Kabar itu lantas dia teruskan ke Unit SAR Manado. Dalam laporan disebutkan, pukul 06.00 Wita telah terjadi kecelakaan kapal nelayan di laut sekitar Pulau Manado Tua, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Kapal itu memuat tiga nelayan asal Desa Borgo, Kecamatan Tanawangko, Kabupaten Minahasa, Sulut. Identitas ketiganya yakni James Loho, Yoko Koraag, dan Sundana.

“Kapal itu mengalami kerusakan patah as mesin dan terapung-apung di perairan sekitar Pulau Manado Tua,” kata Humas SAR Manado Feri Ariyanto.

Anggota SAR Manado Dic Lumenta menjelaskan, posisi tim saat ini masih menuju lokasi korban pencarian (LKP).  Info untuk posisi pada saat ini kapal perikanan berada di posisi 01.49'108 N 124.41'787"E 11 nm utara Pulau Manado.

“Sampai saat ini kapal itu belum bisa dihubungi dan diduga masih terombang ambing,” ujarnya.

BMKG Manado sebelumnya telah mengeluarkan rekomendasi adanya potensi angina kencang yang harus diwaspadai di beberapa wilayah, seperti di Manado, Bitung, Minahasa Utara, Sitaro, Tahuna, dan Talaud.

Diketahui, sebelumnya ada juga nelayan yang dilaporkan hilang bernama Suryanto Koiki (38), warga Desa Inobonto II, Dusun 04/RT03, Kecamatan Inobonto, Kabupaten Bolaang Mongondow. Korban dikabarkan terbawa arus dan sudah dievakuasi selamat oleh SAR gabungan Kamis (13/9/2018) pukul 15.50 Wita.


Editor : Donald Karouw