744 Rumah di Desa Petobo Ditelan Bumi Usai Gempa, Ratusan Orang Hilang

Ilma De Sabrini ยท Senin, 01 Oktober 2018 - 15:37 WIB
744 Rumah di Desa Petobo Ditelan Bumi Usai Gempa, Ratusan Orang Hilang

Warga melintas di Desa Petabo, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, salah satu yang terdampak gempa paling parah. (Foto: Antara Foto/Akbar Tado)

PALU, iNews.id – Nasib ratusan warga Desa Petobo, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) belum diketahui. Mereka diduga hilang terkubur dalam lumpur yang menelan permukimannya usai gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter (SR), Jumat (28/9/2018).

Kondisi desa yang terletak di perbatasan Palu dan Kabupaten Sigi bak hilang dari bumi, menyisakan hamparan lumpur hitam yang kondisinya mulai mengering di atas permukaan.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapka, bencana yang dialami warga Desa Petobo merupakan fenomena likuifaksi (liquefaction).

Fenomena ini menyebabkan tanah berubah menjadi lumpur seperti cairan dan kehilangan kekuatan.  Akibatnya pondasi bangunan roboh karena dan tanahnya ambles.


BACA JUGA:

Usai Gempa, Banjir Lumpur 8 Meter Telan 1 Desa di Perbatasan Palu-Sigi

Menko Luhut: Gempa Palu Tak Perlu Ditetapkan sebagai Bencana Nasional


“Lebih kurang ada 744 unit rumah yang tertimbun material lumpur hitam. Itu disebabkan fenomena likuifaksi,” kata Sutopo saat jumpa pers, Senin (1/10/2018).

Dia menjelaskan, saat terjadinya gempa lumpur keluar dari permukaan tanah karena ada guncangan sehingga seakan-akan membuat bangunan dan benda di atas permukaan tanah bergerak. “Proses evakuasinya sangat sulit, jumlah korban bisa terus bertambah atau dinamis,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, goncangan gempa dirasakan lebih kuat di wilayah Donggala daripada Kota Palu. Masih banyak wilayah yang terisolir dan masyarakat di sana memerlukan bantuan.

Diketahui, sebelumnya saksi mata di kejadian tersebut menuturkan, melihat luapan lumpur menyerupai banjir menerjang permukiman mereka dengan ketinggian tiga hingga delapan meter yang muncul mendadak usai gempa. Dia sempat mengabadikan rekaman video kedahsyatan fenomena likuifaksi tersebut.

Berdasarkan data BNPB, ada empat daerah yang mengalami fenomena likuifaksi ini yakni Petobo, Biromaru, Jono Oge, dan Sidera.


Editor : Maria Christina