3 Bayi Lahir dengan Selamat di Tenda Darurat Korban Gempa Lombok

Aditya Pratama ยท Kamis, 09 Agustus 2018 - 08:35 WIB
3 Bayi Lahir dengan Selamat di Tenda Darurat Korban Gempa Lombok

Salah seorang ibu yang dibantu proses persalinannya oleh Tim Kesehatan Pusdokkes Polri di tenda darurat, Rumah Sakit Bhayangkara, Mataram, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Istimewa)

MATARAM, iNews.id - Tiga bayi lahir di tenda darurat Rumah Sakit Bhayangkara, Mataram, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB). Kendati dalam keadaan yang serba terbatas, ketiganya lahir secara normal dan kini dalam keadaan sehat baik ibu maupun anaknya.

Ketiga bayi tersebut terpaksa dilahirkan di tenda darurat pascagempa dahsyat berkekuatan 7 skala richter (SR) mengguncang kawasan itu. Rusaknya gedung-gedung rumah sakit akibat gempa membuat pelayanan kesehatan harus dialihkan ke tenda darurat.

Tim Kesehatan Pusdokkes Polri ikut membantu pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Salah seorang tim Pusdokkes Polri, AKP dr Utomo Budidarmo, menjelaskan, pihaknya menangani persalinan tiga ibu yang berada di tenda darurat. "Para ibu dan bayi sehat dan selamat," ucapnya lewat keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Kamis (9/8/2018).

Ketiga ibu yang melahirkan tersebut bernama Nabila, yang melahirkan secara normal bayi perempuan dengan berat badan 3,4 kilogram dan panjang 50 sentimeter. Kemudian ada Indriyani yang melahirkan secara normal dalam keadaan sehat. Indri melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki dengan berat 3,3 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

Yang terakhir yakni Ibu Hartati yang juga melahirkan bayi perempuan normal dalam keadaan selamat. Bayi Ibu Hartati itu memiliki berat 3,4 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

Hingga saat ini, gempa susulan masih terus terjadi di wilayah Lombok dan sekitarnya. Badan Meteorologi dan Geofisika mencatat, sedikitnya ada 344 kali gempa susulan terjadi sejak Minggu (5/8/2018) lalu. 17 gempa di antaranya bisa dirasakan manusia.


Editor : Himas Puspito Putra