3 Nelayan Hilang di Perairan Belang Minahasa Tenggara Sulut

Cahya Sumirat ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 15:55 WIB
3 Nelayan Hilang di Perairan Belang Minahasa Tenggara Sulut

Petugas SAR saat persiapan mencari tiga nelayan hilang di Perairan Belang. (Foto: SINDOnews/Cahya Sumirat)

MANADO, iNews.id – Sedikitnya tiga nelayan hilang saat melaut di Perairan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara (Sulut). Identitas ketiganya yakni Jumaat Panura (45), Sopkia Sumihi (40) dan Reumer Pandensolang (60). Mereka merupakan warga Desa Poudean, Pulau Lembeh.

Kepala Kantor Basarnas Manado Gede Darmada mengatakan, informasi awal yang diterimanya, para nelayan ini pergi melaut sejak Senin (8/7/2019). Ketiganya menggunakan ponton rakit di lokasi perairan tempat biasa memancing.

Namun tiga hari berselang atau Rabu (10/7/2019), saksi yang merupakan tetangga korban melihat perahu terikat pada rakit, tanpa ada ketiga korban. Kejadian ini selanjutnya dilaporkan karena mereka hingga saat ini tak kunjung pulang.

"Kami menerima informasinya kemarin pagi (11/7) soal laporan tiga nelayan hilang di Perairan Belang," ujar Darmada, Jumat (12/7/2019).

Selanjutnya pihaknya berkoordinasi dengan Satuan Patroli TNI AL untuk membantu pencarian. Satrol TNI AL ini menggunakan satu kapal yang dinakhodai Lettu Laut (P) Irwansyah bersama dengan anggota Basarnas untuk melaksanakan pencarian nelayan hilang.

"Saat ini Pos Sar Amurang sudah bergerak melaksanakan pencarian bersama tim gabungan yang terdiri atas TNI AL, Polair Ratahan, masyarakat serta keluarga korban," katanya.

Pencarian hari kedua belum menemukan tanda-tanda korban pada Jumat (12/7/2019) siang. Tim rescue masih mencari dengan alat lengjap, truck dan rubber boat Basarnas, speedboat Polair, serta kapal TNI AL Tedong Naga.


Editor : Donald Karouw