3 Tersangka Pemerkosaan dan Pembunuhan Gadis Badui Diancam Hukuman Seumur Hidup

Mahesa Apriandi ยท Kamis, 05 September 2019 - 20:30 WIB
3 Tersangka Pemerkosaan dan Pembunuhan Gadis Badui Diancam Hukuman Seumur Hidup

Tiga tersangka kasus pembunuhan dan pemerkosaan terhadap SW (13) gadis asal Suku Badui ditangkap tim Resmob Polda Banten. (Foto: iNews.id/Mahesa Apriandi)

LEBAK, iNews.id – Tiga tersangka pemerkosaan dan pembunuhan terhadap SW (13), gadis Suku Badui asal Kampung Karakal, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten diancam hukuman seumur hidup.

Ketiga tersangka ditangkap di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dan Bogor. Mereka masing-masing berinisial AMS alias E, AR, dan F. Mereka ditangkap setelah buron hampir sepekan pascaperistiwa tragis itu pada Jumat (30/9/2019).

Kapolres Lebak, AKBP Dani Arianto mengatakan, ketiga tersangka dijerat Pasal 340 tentang Pembunuhan Berencana karena diduga sudah merencanakan aksinya.

“Kita jerat Pasal 340. Mereka sudah merencanakan sebelumnya,” kata AKBP Dani di Mapolres Lebak, Banetn, Kamis (5/9/2019).

Pasal tersebut, kata dia, juga berlaku bagi tersangka AR yang masih di bawah umur. “Ya, pasalnya sama. Tapi, hukumannya pasti setengahnya yang masih di bawah umur," katanya.

BACA JUGA:

Kasus Pemerkosaan dan Pembunuhan Gadis Badui, Polisi: 1 Pelaku Pelajar SMA

Ini Motif 3 Tersangka Perkosa dan Bunuh Gadis Suku Badui di Banten

Kepada penyidik, tersangka AMS, mengaku nekat membunuh korban karena gugup dan takut aksinya diketahui warga lantaran korban S berteriak-teriak saat diperkosa.

“Kami membunuh korban motifnya karena gugup, dia teriak-teriak, kami takut ketahuan,” ujar AMS salah satu tersangka menirukan perbincangan antara dirinya dengan korban saat ditanya awak media di Mapolda Banten, Kamis (5/9/2019).

Sebelum membunuh dan memerkosa korban SW, AMS dan dua temannya mengajak ngobrol korban yang sedang duduk sendirian di gubuknya Kampung Cisimeut Raya, Desa Cisimeut. “Saya nanya, di sini biasanya golok itu dibikin sendiri apa beli? Dia jawab, beli, nggak pernah bikin,” kata AMS.

Korban S ditemukan pada pukul 16.00 WIB oleh kakak korban. Saat itu, korban baru saja akan pulang ke rumah di kawasan Karakal yang berjarak 10 kilometer dari saung tempat ditemukannya jasad korban.

Tim Resmob Polda Banten akhirnya berhasil menangkap ketiga pelaku pemerkosaan dan pembunuhan SW (13), di wilayah Ogan Komiring Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan dan Bogor. Saat ini, ketiganya masih diperiksa intensif.


Editor : Kastolani Marzuki